DetikSepakbola
Jumat 20 Oktober 2017, 14:15 WIB

Menko PMK Puas dengan Hasil Renovasi SUGBK

Mercy Raya - detikSport
Menko PMK Puas dengan Hasil Renovasi SUGBK Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau venue-venue di Gelora Bung Karno, Jumat (20/10/2017)(dok. Kemenpora)
Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau venue-venue di kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Puan puas dengan hasil renovasi yang sesuai target.

Puan meninjau venue-venue di kompleks GBK dengan didampingi oleh Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, pada Jumat (20/10/2017). Hadir juga Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman, serta Direktur of Construction and Business Development GBK, Gatot Tetuko.

Puan lebih dulu meninjau Stadion Utama GBK, kemudian berlanjut ke Hall A basket, Stadion Madya, kemudian berakhir di tennis indoor Senayan. Usai meninjau, Puan menyatakan kepuasannya atas persiapan yang dilakukan kontraktor dan GBK dalam mempersiapkan venue-venue Asian Games 2018.

"Alhamdulillah, targetnya sudah sesuai jadi Insya Allah pekerjaan lapangan secara fisik di GBK ini akan selesai. Tinggal kemudian pemeliharaan dan pemanfaatan ruang dan lapangannya yang rencananya selesai Desember sehingga kita bisa menggelar test event pada Februari 2018," kata Puan.

"Jadi, dilihat bersama-sama ada perubahan yang signifikan terkait persiapan menjelang Asian Games. Dan saya juga bisa sampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan Asian Para Games juga telah tersedia," ujar dia kemudian.

Terkhusus untuk Stadion Utama Gelora Bung Karno, Puan menyebut proses renovasi sudah mencapai 90 persen. Sementara, sisanya masih perlu membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya.

"Seperti tiang-tiangnya, kemudian kursi-kursi yang diperbaiki, VIP area yang harusnya memenuhi kebutuhan 3 ribu orang sekarang masih belum," dia menuturkan.
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau venue-venue di Gelora Bung Karno, Jumat (20/10/2017). Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau venue-venue di Gelora Bung Karno, Jumat (20/10/2017). (dok. Kemenpora)

"Kemudian fasilitas publik seperti toilet kurang lebih akan ada 120 toilet untuk penonton dan disabilitas. Jadi, hal-hal kecil itu harus kita cek sama-sama dan semuanya insya Allah komitmen untuk menyelesaikan itu," Puan membeberkan.

"Kita lihat juga check sound. Semoga dengan adanya 70 ribu sampai 80 ribu penonton tidak mendengung atau kemudian pecah suaranya. Sound juga penting karena setelah sukses penyelenggaraan salah satunya ditentukan oleh sound dan lighting."

Prestasi Jangan Kalah dengan Kecepatan Renovasi

Indonesia menargetkan posisi sepuluh besar pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang itu. Puan akan segera berkoordinasi dengan Kemenpora dengan KONI, dan KOI agar target tersebut terpenuhi.

"Sekarang bukan target dulu, tapi bagaimana prestasi atlet ditingkatkan. Meski waktunya tidak panjang, tetapi akan kami kejar. Sehingga, di Asian Games nanti tidak hanya sukses penyelenggaraan dan infrastruktur saja, tetapi prestasi," kata dia.

Puan juga turut menanggapi diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2017 tentang Peningkatakan Prestasi Olahraga Nasional pada Kamis (19/10/2017).

"Kami tidak fokus pada pembubarannya, tapi bagaimana prestasi atlet. dan sebagian yang ada di Satlak Prima akan kami libatkan ke KONIuntuk meningkatkan prestasi atlet," kata dia.



(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed