DetikSepakbola
Minggu 10 Desember 2017, 22:06 WIB

Desa Sukarame Tasikmalaya Juara Liga Desa 2017

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Desa Sukarame Tasikmalaya Juara Liga Desa 2017 Desa Sukarame Kabupaten Tasikmalaya juara Liga Desa Nusantara 2017 (dok.Kemenpora)
Purwakarta - Desa Sukarame Kabupaten Tasikmalaya keluar sebagai juara Liga Desa Nusantara 2017. Pada laga final, Desa Sukarame mengalahkan Desa Pangulah Selatan Karawang.

Dalam final yang berlangsung di Stadion Purnawarman, Purwakarta, Minggu (10/12/2017) siang WIB, Desa Sukarame mengalahkan Pangulah Selatan dengan skor 1-0 lewat gol M. Ardis pada menit ke-49.

Sukarame Tasikmalaya Juara Liga Desa 2017Foto: dok.Kemenpora

Proses gol berawal dari tendangan jarak jauh dari sisi kanan pertahanan Desa Pangulah Selatan. Tembakan spekulasi itu ternyata mampu menembus gawang Pangulah Selatan.

Permainan sendiri berjalan alot. Kedua tim sama-sama mampu mengembangkan permainan. Terik matahari tidak menghalangi semangat kedua tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.


Ini merupakan sejarah buat Desa Sukarame karena mereka adalah juara edisi pertama dari Liga Desa Nusantara. Liga Desa tahun ini adalah pilot project buat terselenggaranya kompetisi tahun depan, kerjasama Kementrian Desa dan PDTT serta Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Diharapkan tahun depan bakal lebih banyak pesertanya mengingat hanya 16 provinsi yang ikut musim ini. Dengan lebih banyak menggelar seri region di berbagai provinsi, diharapkan gebyar Liga Desa 2018 bisa tambah semarak.

Sukarame Tasikmalaya Juara Liga Desa 2017Foto: dok.Kemenpora


Pada laga final tersebut, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Sandjojo turut hadir didampingi Menteri Telekomunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara. Eko sempat memberi sambutan kepada para penonton yang berjejal di Stadion Purnawarman, serta melakukan tendangan pertama bersama Rudiantara serta Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

"Semoga Liga Desa ini bisa menghidupkan gairah masyarakat desa untuk berolahraga dan mengolahragakan masyarakat di desa. Liga Desa merupakan bagian dari 4 program unggulan di Kemendesa PDTT yang tercakup dalam program Raga Desa," tutur Eko dalam rilis kepada detikSport.



(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed