DetikSepakbola
Sabtu 13 Januari 2018, 00:05 WIB

Soal Rekomendasi Piala Presiden 2018 yang Dipermasalahkan BOPI

Yanu Arifin - detikSport
Soal Rekomendasi Piala Presiden 2018 yang Dipermasalahkan BOPI Foto: Muhammad Taufiqqurrahman
Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tak memberi rekomendasi penyelenggaraan Piala Presiden 2018. Ini komentar organizing committee Piala Presiden terkait hal tersebut.

BOPI tidak memberi rekomendasi penyelenggaraan dengan alasan legalitas beberapa klub bermasalah. Klub yang dimaksud adalah Persebaya Surabaya, PSMS Medan, PSIS Semarang, Martapura FC, dan PSPS Pekanbaru.

Kelima klub itu sedianya sempat diverifikasi BOPI sebelum kompetisi bergulir tahun lalu. Namun patut diingat, Persebaya, PSMS, PSIS, Martapura, dan PSPS adalah tim Liga 2, kompetisi yang hasil verifikasinya 'cukup bermasalah' pada saat itu.


Anggota organizing committee Piala Presiden 2018 Risha Adi Widjaya mengaku sudah berbincang dengan BOPI terkait masalah ini. Ia mengaku sudah mempersiapkan berkas-berkasnya.

"Terkait BOPI, kami sudah bertemu kemarin dan coba bertemu lagi mungkin dalam satu-dua hari lagi karena kemarin tidak bisa ketemu dengan ketua umumnya. Sesuai dengan visi dan misi kami, kami dari OC tidak mau melanggar apapun, kami ikuti aturan yang ada, dan memberi contoh bahwa tidak ada yang dilanggar," Risha menegaskan saat berkunjung ke markas detikcom, Jumat (12/1/2018).

"BOPI meminta kelengkapan legalitas klub-klub itu, kami ada, tinggal serahin aja. Tantangannya adalah beberapa klub dari liga 2, kalau liga 1 semua beres."

"Yang menjadi diskusi hangat kemarin itu juga soal perizinan pemain asing. Pendaftaran pemain kami sudah terbuka sampai kick off pertama grup terakhir. Itu yang kami minta pengertian karena tahu tidak mungkin klub bisa mendaftarkan pemain secepat itu," ia menambahkan.

Piala Presiden 2018 diikuti 20 tim yang terbagi dalam lima grup. Turnamen itu digelar pada 16 Januari-17 Februari 2018 di mana pembukaannya berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.



(yna/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed