DetikSepakbola
Kamis 18 Januari 2018, 14:00 WIB

Bebas dari Sanksi, Manajer Persib Janji Akan Lebih Hati-hati

Amalia Dwi Septi - detikSport
Bebas dari Sanksi, Manajer Persib Janji Akan Lebih Hati-hati Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Bandung - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar sudah bisa resmi beraktivitas lagi di sepakbola Indonesia usai bebas dari sanksi. Belajar dari pengalaman, ia berjanji lebih hati-hati.

Sebelumnya PSSI menjatuhkan hukuman berupa larangan beraktivitas di sepakbola Indonesia selama enam bulan untuk Umuh. Ia dianggap melakukan pelanggaran disiplin saat laga Persija Jakarta versus Persib di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017 lalu.

Pada prosesnya ada peninjauan ulang terhadap sanksi tersebut. Hasilnya, Umuh kini dinyatakan sudah bisa kembali beraktivitas dalam dunia sepakbola.

Keputusan PSSI itu lahir lewat surat PSSI bernomor SKEP/02/I-2018, tertanggal 17 Januari 2018, tentang Peninjauan Kembali Hukuman Komisi Banding PSSI Nomor: 13/KEP/KB/LIGA/IXI-2017, yang ditandatangi oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Dalam surat keputusan itu, PSSI mengeluarkan tiga poin terkait pembatalan sanksi terhadap manajer Persib tersebut. Salah satunya memutuskan membatalkan Keputusan Komisi Banding PSSI Nomor: 13/KEP/KB/LIGA1/XI-2017 tanggal 19 November 2017.

Surat keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu (17/1/2018) kemarin, dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Menanggapi keputusan tersebut, Umuh mengaku bersyukur karena merasa sejak awal tak merasa bersalah. Umuh pun mengaku mendapatkan hikmah dari sanksi tersebut.

"Setelah keputusan itu saya sempat mengirimkan surat kepada PSSI agar meninjau hukuman tersebut. Mungkin dari sana ada kebijakan lain yang menjadi pertimbangan," ujar Umuh kepada detikSport, Kamis (18/1).

"Yang jelas kejadian itu membuat saya harus lebih berhati-hati lagi. Semoga tidak terjadi lagi dan ini jadi pembelajaran bagi saya," kata pria 69 tahun itu.



(ads/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed