DetikSepakbola
Jumat 19 Januari 2018, 17:54 WIB

Piala Presiden 2018

Dramatis, Hat-trick Lilipaly Antar Bali United Tekuk PBFC

Yanu Arifin - detikSport
Dramatis, Hat-trick Lilipaly Antar Bali United Tekuk PBFC Trofi Piala Presiden (Foto: dok. Instagram Seskab)
FOKUS BERITA: Piala Presiden 2018
Jakarta - Bali United menang dramatis atas Pusamania Borneo FC di laga Grup D Piala Presiden 2018. Hat-trick Stefano Lilipaly membawa Serdadu Tridatu menang 3-2.

Kedua tim turun dengan sejumlah pemain lapis kedua. Bali United membangku cadangkan Lilipaly dan Ilija Spasojevic, sementara PBFC nyaris tidak membawa tim intinya.

Tampil di depan Semeton--julukan fans Bali United, yang memadati Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (19/1/2018), Bali United tampil menekan sejak awal.

Di menit tujuh, Bali United mendapat peluang pertamanya. Yandi Sofyan bisa menyundul bola yang dikirim dari sisi kanan, namun arahnya masih menyamping dari gawang PBFC yang dijaga Nadeo Argawinata.

Sementara tim tamu cukup kesulitan memasuki kotak penalti Bali United. Beberapa kali kapten Wahyudi Hamisi melepaskan tendangan spekulasi jarak jauh, namun belum terlalu membahayakan gawang I Made Kadek Wardana.

Di menit ke-23, Yandi kembali mengancam lewat sundulan. Namun sundulannya lagi-lagi masih melenceng. Tiga menit berselang, giliran Miftahul Hamdi yang membuat peluang, namun tendangannya dari dalam kotak penalti masih membentur tiang gawang bagian atas.

Selepas water break, Bali United masih mendominasi penguasaan bola. Namun tidak ada peluang berarti diciptakan tim asuhan Widodo C Putro itu.

Bali United justru kebobolan di masa injury time babak pertama, tepatnya di menit 45+2. Lewat skema sepak pojok, Stevan Markovic menanduk bola masuk ke dalam gawang kadek Wardana. Bali United pun tertinggal 0-1 dari PBFC saat turun minum.

Babak kedua dilanjutkan, Bali United berinisiatif menekan. Pergantian pemain juga dilakukan di mana Spasojevic masuk menggantikan Yandi, dan Fadil Sausu menggantikan Agung Widyana. Lilipaly dan Hanish Sagara juga dimasukkan pada menit ke-57 untuk menambah daya gedor.

Serangan Bali United pun langsung terlihat meningkat, namun lini belakang PBFC masih cukup kuat mempertahankan wilayahnya. Tapi di menit ke-65, gawang PBFC akhirnya bobol juga.

Adalah Lilipaly yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, memanfaatkan kemelut tendangan bebas, gagal dibendung Nadeo. Skor bertahan hingga water break di menit ke-75.

Di sisa waktu pertandingan, Bali United terus menekan PBFC. Di menit ke-81, tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah pemain PBFC melakukan handball. Lilipaly yang jadi eksekutor, tak membuang kesempatan itu untuk membawa Bali United berbalik memimpin 2-1.

Namun PBFC bisa meresponsnya dan menyamakan kedudukan jadi 2-2 di menit ke-87. Lewat serangan balik cepat, Andre Araujo menggiring bola di sisi kiri, melewati Kadek Wardana yang keluar sarangnya, dan melepaskan tendangan ke gawang yang gagal dibendung bek Bali United.

Tapi secara dramatis Bali United kembali memimpin di masa injury time. Lilipaly merobek gawang PBFC usai meneruskan bola muntah hasil tendangan yang gagal ditangkap dengan baik oleh Nadeo di menit ke-90+2. Hat-trick Lilipaly itu sekaligus menyudahi laga menjadi 3-2 untuk kemenangan Bali United atas PBFC.

Susunan Pemain

Bali United: I Made Kadek Wardana (c), Dias Angga, Ngurah Nanak, Ahmad Agung, Taufik (Ricky 90+1'), Sutanto, Kevin Brands (Hanish Sagara 57'), Agung Widnyana (Fadil Sausu, I Nyoman Sukarja, Miftahul Hamdi (Stefano Lilipaly 57'), Yandi Sofyan (Ilija Spasojevic 48')

Pusamania Borneo FC: Nadeo Argawinata, Yericho, Stevan Markovic, Nurdiansyah, Habibi, Dodi Alfayed, Wahyudi Hamisi (c), Riswan Yusman, M. Ridhuan, Abdelkhebir Khariallah (Jusmadi 51'), Andre Araujo



(yna/cas)

FOKUS BERITA: Piala Presiden 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed