sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Feb 2018 05:06 WIB

Menpora: Kick-off Liga 1 Harus Sesuai Jadwal

Wisma Putra - detikSport
Menpora Imam Nahrawi (Rengga Sancaya/detikSport)
Bandung - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan bahwa kick-off Liga 1 harus tepat waktu. Imam juga berharap operator liga memperbaiki pelaksanaan kompetisi.

Kick-off Liga 1 2018 mengalami penundaan hingga beberapa kali. Awalnya kompetisi akan dimulai pada pekan ketiga Februari, lalu diundur menjadi 3 Maret 2018.

Akan tetapi, belakangan tanggal 3 Maret pun belum jadi keputusan final. Ada kemungkinan kick-off mundur lagi menjadi 10 Maret dengan alasan sponsor.

Masalah menjadi makin rumit karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga memiliki tunggakan utang kepada klub-klub Liga 1, berupa dana subsidi sebesar Rp 7,5 miliar, hadiah juara musim lalu, dan uang hasil sharing dan rating. PSSI telah meminta PT LIB untuk menyelesaikan utang tersebut sebelum kick-off Liga 1.


Imam sendiri berharap Liga 1 bisa dimulai sesuai rencana dan tak kembali mengalami penundaan.

"Liga 1, kick off harus sesuai dengan jadwal," kata Imam kepada wartawan saat menjenguk atlet dayung Dewi Yuliawati di RSUD Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (27/2/2018) malam.

"Kemarin kesepakatan dengan PSSI, tanggal kick off harus segera dilaporkan dan regulasi tidak lagi berubah di tengah jalan dan utang kepada klub harus dibayar seluruhnya," ungkapnya.

Imam juga menyoroti pelaksanaan Liga 1 tahun 2017 yang harus dievaluasi dan diperbaiki.

"Kepanitiaan harus diperbaiki, operator harus lebih profesional, tidak lagi memberikan beban kepada klub," ujarnya.

"Wasit harus betul-betul dicari, yang baik, yang tidak berpihak dan berani mengambil keputusan," tambah Imam.


(mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com