DetikSepakbola
Jumat 20 April 2018, 15:58 WIB

'Pemain Indonesia Sudah Menjadi Tradisi di Selangor FA'

Lucas Aditya - detikSport
Pemain Indonesia Sudah Menjadi Tradisi di Selangor FA Evan Dimas Darmono di Selangor FA. (Foto: Lucas Aditya/detikSport)
Kuala Lumpur - Selangor FA sudah acap kali mengontrak pemain asal Indonesia. Hal itu disebut sudah menjadi tradisi bagi The Red Giants.

Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy yang menjadi generasi pertama pemain Indonesia yang membela Selangor FA. Mereka merumput di rentang 2005-2007.

Saat itu, Bambang dan Elie berhasil mengantarkan Selangor FA meraih prestasi tinggi. Gelar juara Malaysia Premier League (divisi dua Liga Malaysia), Piala FA Malaysia, dan Piala Malaysia yang dipersembahkan pada tahun 2005.

Kesuksesan itu diteruskan oleh Andik Vermansah. Dia bergabung ke Selangor sejak 2014, dan sudah menyumbangkan satu gelar Piala Malaysia di tahun 2014.

Kesuksesan-kesuksesan itu yang membuat petinggi Selangor FA merasa ketagihan mendatangkan pemain asal Indonesia. Manajer Selangor FA, Datuk Abdul Rauf Ahmad, yang mengungkapkannya.

Dengan regulasi penggunaan dua pemain asing asal ASEAN tahun ini, Selangor FA memilih untuk mendatangkan Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn.


"Seperti yang Anda tahu, Selangor telah identik dengan pemain Indonesia. Kami melihat pada awalnya Bambang Pamungkas, Elie Aiboy, Andik Vermansah, dan sekarang Evan Dimas dengan Ilham Udin," kata Datuk Rauf dalam perbincangan dengan detikSport di kompleks stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Jadi begitulah telah menjadi tradisi bagi kami dan kami percaya pada kualitas pemain Indonesia dan pendukung Indonesia di Selangor dan Kuala Lumpur, dapat membantu mengangkat nama Selangor," dia menambahkan.

'Pemain Indonesia Sudah Menjadi Tradisi di Selangor FA'Manajer Selangor FA, Datuk Abdul Rauf Ahmad. (Foto: Lucas Aditya/detikSport)


Kedekatan budaya dan bahasa juga menjadi alasan lain mengapa pemain-pemain Indonesia lebih dipilih dibandingkan pesepakbola dari negara ASEAN lainnya.

"Kami bukan tidak tertarik, tapi dari segi penggunaan bahasa, keselarasan, keserasian, kami rasa pemain Indonesia tidak jauh dan tidak kurang hebatnya dengan pemain-pemain di klub Selangor," kata Datuk Rauf.



Lebih lanjut lagi, Datuk Rauf juga tak menampik mengenai dampak keberadaan pemain Indonesia pada penjualan jersey dan kehadiran penonton di stadion.

"Ada. Melihat spanduk dari Indonesia, pendukung hadir untuk mendukung Andik, Ilham, atau Evan. Tetapi juga para pendukung tim Selangor," katanya.

"Alhamdulilah sambutanannya sangat-sangat bagus. Kami tidak dapat secara khusus berasal dari suporter Indonesia atau Selangor. Tampaknya menjadi dua kali lipat," dia menambahkan.

Meski demikian, prestasi tinggi juga diharapkan datang dari Evan Dimas-Ilham. Pemain-pemain Indonesia sebelumnya sudah memberikan menambah koleksi di lemari trofi Selangor FA.

"Kita sudah tahu, Bambang juga Ellie Aiboy pernah menjadi fenomena. Bermain dan menang bersama Selangor juga merupakan trofi yang sangat kami nantikan. Juga dengan Andik, misi meraih gelar ke-33 tercapai. Dan kali ini giliran Evan Dimas dan Ilham. Kami selalu memberi harapan dan keyakinan," kata Datuk Rauf mengharapkan.



(cas/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed