DetikSepakbola
Kamis 10 Mei 2018, 17:25 WIB

Mau Latih Timnas Indonesia Lagi, Jacksen?

Randy Prasatya - detikSport
Mau Latih Timnas Indonesia Lagi, Jacksen? Jacksen F Tiago belum mau melatih Timnas Indonesia lagi (Randy Prasatya/detikSport)
Banjarmasin - Jacksen F. Tiago pernah melatih Timnas Indonesia dan sangat menikmati momen itu. Tapi, dia belum berpikir untuk kembali ke sana.

Tepatnya April 2013, Badan Tim Nasional (BTN) menunjuk Jacksen yang saat ini masih melatih tim Persipura Jayapura sebagai kepala pelatih tim nasional yang baru. Dia ditugaskan memimpin timnas dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015.

Di ajang tersebut, Jacksen gagal membawa Indonesia ke Piala Asia setelah cuma menjadi juru kunci Grup C dengan satu poin. Tim Garuda kalah bersaing dengan Arab Saudi, Irak, dan China.


Kegagalan itu membuat karier Jacksen di timnas berakhir. Setelah kalah dari Irak November 2013, PSSI memberhentikan Jacksen. Meski kebersamaan dengan tim berjalan singkat, pria asal Brasil itu sangat enjoy dalam menjalankan tugas.

"Cita-cita semua pelatih pasti melatih timnas di sebuah negara. Tapi, saya sudah pernah melatih timnas Indonesia. Saya enjoy sekali dan itu sebuah cita-cita saya setelah jadi juara. Melatih timnas Indonesia. Meskipun waktu singkat, saya sangat menikmati," kata Jacksen dalam bincang-bincang dengan detikSport di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Ditanya soal niatan untuk kembali, ternyata Jacksen tak menyimpan hasrat itu. Dia tak mau terbebani dengan harapan-harapan yang dia buat sendiri.

"Kalau kembali ke sana atau tidak, kembalikan semuanya kepada orang-orang di sana. Soal kemampuan saya yakin mereka tahu persis. Saya tidak membebani diri saya dan tidak membangun harapan yang besar untuk kembali. Semua Tuhan yang sudah menentukan. Kalau kembali, ya itu rezeki," sambungnya.





(ran/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed