sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 22 Jul 2018 15:45 WIB

Dampingi Persebaya ke Magelang, Ratusan Bonek Dipulangkan

Pertiwi - detikSport
Foto: Pertiwi/detikSport Foto: Pertiwi/detikSport
Magelang - Polres Kota Magelang memulangkan ratusan bonek menjelang pertandingan Persebaya Surabaya dengan PSIS Semarang. Laga digelar tanpa suporter tim tamu.

Persebaya bertandang ke markas PSIS di Stadion Moch Soebroto dalam lanjutan Liga 1 2018, Magelang, Minggu (22/1/7/2018) mulai pukul 15.30 WIB. Menjelang laga itu, bonek mendatangi kota di Jawa Tengah itu.

Sebagian bonek sudah tiba di Magelang pada Sabtu (21/7). Kedatangan bonek berlanjut hingga Minggu. Kepolisian setempat tak bisa menerima kedatangan bonek karena pertandingan digelar tanpa suporter tim lawan.

Dampingi Persebayake Magelang, Ratusan Bonek DipulangkanFoto: Pertiwi/detikSport


"Berdasarkan tabulasi sejak kemarin hingga pagi tadi, sudah 362 bonekyang harus kita kembalikan. Rinciannya, Sabtu (21/7/2018) kami memulangkan 180 orang dan Minggu 182 orang," kata Kapolresta Magelang, AKBP Kristanto, di Mapolres Magelang Kota, Minggu (22/7/2018).

Pemulangan para suporter tersebut, lanjut Kristanto, sesuai dengan perintah dari Kapolda Jawa Tengah. Dalam surat bernomor B/7333/VII/YAN.2.1/2018/Jtg tertanggal 12 Juli 2018. Kapolda memberikan izin keamanan laga sepakbola Persebaya Surabaya-PSIS Semarang dengan syarat suporter Persebaya tidak hadir di Stadion Moch. Soebroto.



"Maka, sesuai dengan perintah dari Kapolda Jateng, pada pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persebaya Surabaya, untuk suporter Surabaya atau sering dikenal bonek diharapkan tidak hadir di Stadion
Moch Soebroto Kota Magelang," kata Kristanto.

Polisi Tambah Penjagaan di Perbatasan

Untuk mengantisipasi masuknya bonek ke Kota Magelang, Polresta Magelang melakukan penjagaan yang ketat di setiap perbatasan. Total, kepolisian menurunkan 685 dalam pengamanan itu.

Jumlah itu terdiri dari 316 personel Polres Magelang Kota yang dan Brimob Polda Jateng sebanyak 102 personel. Selain itu, bantuan keamanan dari Dalmas Sat Sabhara Polres Kebumen, Polres Purworejo dan Polres Temanggung masing-masing sebanyak 30 personel serta 60 personel dari Dalmas Polda Jateng.

"Kami juga menerjunkan lima ekor anjing dari unit satwa selama pertandingan, dibantu aparat keamanan samping. Seperti Kodim 0705/Magelang, Armed 3 Tarik/Nagapakca Magelang, Corp Polisi Militer Sub Sub Detasemen Polisi Militer IV/2-1 Magelang dan Dinas Perhubungan Kota Magelang," ujar dia.

Dampingi Persebayake Magelang, Ratusan Bonek DipulangkanFoto: Pertiwi/detikSport


"Untuk diketahui, kebijakan tidak menghadirkan penonton dari klub tandang adalah berdasarkan keputusan bersama antara panpel, manajer Persebaya Surabaya dan manajer PSIS Semarang. Manajer Persebaya Surabaya juga meminta pihak keamanan untuk tegas memulangkan bonek jika datang ke stasion Moch Soebroto Magelang," Kristanto menegaskan.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed