DetikSepakbola
Minggu 22 Juli 2018, 17:51 WIB

Kalahkan Persebaya, PSIS Keluar dari Zona Merah

Yanu Arifin - detikSport
Kalahkan Persebaya, PSIS Keluar dari Zona Merah PSIS Semarang keluar dari zona merah usai mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0 di pekan ke-17 Liga 1 2018. (Foto: Infografis Detiksport)
Magelang - PSIS Semarang mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0 di pekan ke-17 Liga 1 2018. Kemenangan mengantar Mahesa Jenar sementara keluar dari zona merah.

Bertanding di Stadion Madya, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018), Persebaya sedianya tampil menekan sejak awal. Pemain anyarnya, Raphael Maitimo, turun sejak menit awal.

Tekanan langsung dilancarkan di menit keempat. Aksi Osvaldo Haay sempat dihentikan hingga terjatuh di kotak penalti, namun wasit Fariq Hitaba tak menganggapnya pelanggaran.




PSIS mengancam di menit ke delapan. Adier Makatindu sempat lolos dari jebakan offside, namun kiper Persebaya Miswar Saputra lebih sigap untuk mengamankan bola.

Di menit ke-28, Persebaya mengancam lewat aksi Rishadi Fauzi. Memanfaatkan crossing Irfan Jaya, sundulan Rishadi masih melenceng dari gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra.

Di menit ke-40, Persebaya harus bermain dengan sepuluh orang menyusul kartu kuning kedua yang diterima Oktafianus Fernando. Hingga istirahat, skor 0-0 masih bertahan.



Di babak kedua, PSIS akhirnya memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Komarudin membobol gawang Persebaya di menit ke-51 usai lolos dari kawalan bek lawan. Menerima bola tepat di garis kotak penalti, ia melepaskan sepakan yang tak mampu dibendung Miswar. PSIS unggul 1-0.

Persebaya coba mengancam. Semenit berselang selepas gawangnya kebobolan, ancaman ditebar Osvaldo Haay. Namun sepakan eks Persipura itu masih terlalu lemah.

Saat berusaha mengejar ketertinggalan, Persebaya malah kehilangan O.K John yang cedera. Fandri y Imbiri pun masuk menggantikan rekannya di menit ke-63, bersamaan dengan digantinya Osvaldo Haay dengan Rendi Saputra.

Di sisa waktu pertandingan, tidak ada gol tambahan tercipta. PSIS menang 1-0 di pekan terakhir putaran pertama Liga 1 2018. Tiga poin membuat PSIS keluar dari zona merah, dengan naik ke posisi 15 dengan 19 poin. Adapun Persebaya tertahan di peringkat 13 dengan 22 poin.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Jandia Eka, Planic, Abdillah, Safrudin, Frendi, Bayu (Hapit 82'), Conteh, Yunus (Akbar 64'), Komarudin, Aider (Bruno Silva 40'), Hari Nur

Persebaya Surabaya: Miswar, Oktafianus, O.K John (Fandry 63'), Otavio, Ruben, Robertino, M Hidayat, Maitimo, Irfan Jaya, Osvaldo (Rendi 63'), Rishadi (David Silva 52')
(yna/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed