sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 31 Jul 2018 15:20 WIB

Piala AFF U-16: Diteriaki Anjing oleh Suporter Indonesia, Malaysia Protes ke AFC

Doni Wahyudi - detikSport
FAM mengajukan protes ke AFF dan AFC atas sikap suporter Indonesia di Piala AFF U-16 (ist) FAM mengajukan protes ke AFF dan AFC atas sikap suporter Indonesia di Piala AFF U-16 (ist)
Kuala Lumpur - Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) mengajukan protes ke AFF dan AFC. Mereka mempermasalahkan aksi suporter Indonesia yang meneriakkan umpatan anjing saat tampil di Gresik pada Piala AFF U-16.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs resminya, FAM memprotes ulah suporter Indonesia yang meneriakkan 'Malaysia itu Anjing'. Itu terjadi saat Malaysia berhadapan dengan Thailand di Gelora Joko Samudro Stadium, Gresik, Senin (30/7/2018).

Malaysia kalah 1-2 dalam laga pertama Grup B, Piala AFF U-16. Dua gol Thailand datang dari bunuh diri Ali Imran dan Muhammad Nuh Azlan. Sementara satu gol Malaysia dilesakkan Aleff Haedi.



"Football Association of Malaysia (FAM) hari ini telah mengirim surat protes ke ASEAN Football Federation (AFF) dan Asian Football Confederation (AFC) terkait aksi ekstrim yang dilakukan suporter tuan rumah, Indonesia, yang menghina nama Malaysia dengan teriakan "Malaysia itu anjing" saat skuat Raja Azlan Shah Raja So'ib menjalani pertandingan pertama AFF U-16 2018 menghadapi Thailand di Surabaya, Indonesia, tadi malam," demikian pernyataan resmi FAM.

Dilanjutkan pernyataan tersebut, apa yang dilakukan suporter Indonesia sudah jauh melebihi batas kepantasan. Aksi itu sama juga menghina negara Malaysia.

FAM berharap AFF dan AFC mengambil tindakan atas kejadian tersebut sehingga tak terulang lagi saat Malaysia bermain menghadapi Brunei di stadion yang sama, Jumat (3/8/2018).

Lebih lanjut Malaysia juga akan mengirim anggota komite eksekutifnya untuk melakukan evaluasi terhadap keamanan yang diberikan panitia penyelenggara dan Indonesia sebagai host country. Jika Indonesia dan pihak penyelenggara dinilai tidak melakukan tindakan nyata atas kasus ini, FAM mengancam akan mengambil tindakan lebih jauh lagi.



Malaysia pernah tersandung kasus serupa pada SEA Games 2017. Ketika itu suporter Malaysia melontarkan hinaan ke Brunei dan Singapura. Pada akhirnya Malaysia didenda US$ 30.000. FAM berharap Indonesia juga dapat sanksi tegas serupa.

Kejadian ini hanya berselang beberapa hari setelah heboh persoalan bendera Indonesia terbalik. Beberapa waktu lalu salah satu penggawa Timnas Malaysia U-16, Amirul, diprotes netizen dan suporter tanah air karena memasang bendera Indonesia terbalik di Instagram Story miliknya.

Atas kejadian tersebut Amirul dan pelatih Timnas Malaysia sudah meminta maaf. (din/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed