sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 07 Agu 2018 16:05 WIB

Top Skor Piala AFF U-16, Bagus Kahfi: Yang Penting Indonesia Menang

Amalia Dwi Septi - detikSport
Bagus Kahfi jadi top skor sementara Piala AFF U-16, tapi yang terpenting buatnya Indonesia bisa menang (ANTARA FOTO/Zabur Karuru) Bagus Kahfi jadi top skor sementara Piala AFF U-16, tapi yang terpenting buatnya Indonesia bisa menang (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta - Dari lima pertandingan di fase grup Piala AFF U-16 yang sudah dijalani, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri melesat dengan torehan 11 gol. Buatnya, tim dan kemenangan lebih penting dibanding gelar top skor.

Dengan 11 gol berhasil dibuat, Kahfi kini memuncaki daftar topskorer Piala AFF U-16. Dia unggul jauh dari Dinh Thanh Trung (Vietnam), yang mengoleksi delapan gol. Akan tetapi, Trung tak punya kesempatan untuk menambah jumlah golnya karena Vietnam gagal lolos ke semifinal.

Bagus Kahfi bahkan kini menjadi pemegang rekor gol di Piala AFF U-16. Ia melewati pencapaian dua pemain Australia, John Roberts dan Marc Moric, yang mencetak delapan gol di sepanjang turnamen. Roberts mencatatkan torehan tersebut pada 2015 dan 2016, sedangkan Moric pada 2015.



Bagus mengaku tidak pernah berpikir menjadi topskorer karena dia hanya fokus untuk tampil terbaik bersama timnas U-16. Namun dia tetap bersyukur kerja kerasnya berdampak positif bagi tim.

"Sebenarnya saya juga tidak menyangka sejauh ini masih jadi top skorer. Sejak awal memang target saya tidak jadi top skorer. Bagi saya, paling penting adalah tim menang. Menang adalah target utama saya," kata Bagus

"Saya senang sekali bisa mencetak hattrick ke gawang Kamboja. Tapi, berapa pun gol yang saya cetak, saya ucapkan terima kasih pada teman-teman saya. Sebab tanpa mereka, saya tidak bisa cetak banyak gol," lanjut dia.



Sebelum bikin trigol ke gawang Kamboja, Bagus mencetak masing-masing dua gol ke gawang Filipina, Myanmar, Vietnam, dan Timor Leste.

Saudara kembar Bagas Kaffa itu mengaku tak memiliki rahasia khusus di balik ketajamannya itu. Dia hanya ingin berkontribusi untuk tim di setiap pertandingan.

"Saya hanya berusaha untuk berkontribusi maksimal setiap diturunkan. Kalau masalah gol, itu saya anggap sebagai bonus. Yang penting harus beri kontribusi dan menang," kata pemain bernomor punggung 20 itu.

Ketajaman Bagus masih sangat dibutuhkan Indonesia di Piala AFF U-16 yang akan memasuki babak semifinal. Indonesia masih menunggu lawan untuk dihadapi di empat besar, antara Laos dan Malaysia.

(ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed