sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 13:34 WIB

Piala AFF U-16

Fakhri Husaini: Mantan Gelandang Kreatif Bertangan Dingin

Lucas Aditya - detikSport
Fakhri Husaini, dari gelandang kreatif menjadi pelatih bertangan dingin di Timnas U-16 (Zabur Karuru/Antara Foto) Fakhri Husaini, dari gelandang kreatif menjadi pelatih bertangan dingin di Timnas U-16 (Zabur Karuru/Antara Foto)
Jakarta - Kegemilangan Timnas Indonesia U-16 merupakan buah kerja Fakhri Husaini. Mantan gelandang kreatif itu bertransformasi menjadi pelatih bertangan dingin.

Kalau menyebut Fakhri Husaini, kenangan para pecinta sepakbola tanah air pasti akan tertuju pada ajang SEA Games 1997. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah. Skuat Garuda juga sedang bagus-bagusnya.

Lini belakang Indonesia diperkuat oleh Robby Darwis. Di lini tengah ada barisan gelandang jempolan seperti Bima Sakti, Fakhri Husaini, dan Uston Nawawi. Sementara di lini depan, Kurniawan Dwi Julianto menjadi sandarannya.

Indonesia memang gagal juara setelah kalah adu penalti dari Thailand di laga perebutan emas. Tiga gol dicetak oleh Fakhri di sepanjang turnamen. Fakhri merupakan salah satu gelandang kreatif andalan Indonesia, dengan catatan 42 caps dan sumbangan sebanyak 13 gol.



Dua dekade setelah itu, Fakhri sudah menjadi pelatih timnas, meski levelnya masih U-16. Karier kepelatihannya dibangun sejak awal 2000-an. Pada tahun 2004, dia menjadi asisten pelatih timnas senior dan timnas U-23.

Pada prosesnya, Fakhri dipercaya menjadi pelatih timnas U-16 pada tahun 2014. Kiprahnya terganjal dengan sanksi FIFA untuk Indonesia karena pembekuan PSSI oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pasca Indonesia bebas dari sanksi FIFA, Fakhri mulai unjuk gigi dengan Timnas U-16. Mereka menjuarai ajang Tien Phong Plastic Cup Tournament 2017 di Vietnam.



Timnas U-16 yang terbang tinggi, kembali harus membumi dengan kegagalan di Piala AFF 2017. Mereka gagal lolos grup setelah cuma finis kelima usai meraih sekali kemenagan, satu hasil imbang, dan tiga kali kekalahan.

Tapi, Fakhri bisa bangkit. Gelar juara di ajang turnamen Jenesys U-16 2018 sudah berhasil digapai. Putaran final Piala Asia U-16 2018 juga sudah berhasil didapat. Hebatnya, mereka amankan dengan menjuarai grup saat berlaga di kandang lawan, Thailand. Timnas U-16 tampil sempurna dengan meriah empat kemenangan, membukukan 25 gol dan cuma sekali kebobolan.

Penampilan bagus itu berlanjut di Piala AFF U-16 2018. Dengan pemain-pemain seperti Mochammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri, Rendy Juliansyah, dan David Maulana, timnas U-16 tampil sempurna di laga-laga Grup A Piala AFF 2018.

Indonesia tampil tanpa cela dalam lima pertandingan, tim Merah-Putih lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018 dengan nilai 15 angka. Selalu memetik kemenangan, Garuda Muda juga mencatatkan 21 gol. Lini pertahanan juga tampil solid, dengan baru tiga kali kebobolan dan tiga kali menorehkan clean sheet.



Permainan timnas U-16 juga amat oke. Dengan barisan gelandang yang kaya pilihan, timnas U-16 bisa menampilkan permainan yang prima dan dinamis. Tak sekadar mengandalkan serangan sayap via Supriadi, gelandang seperti David Maulana, Andre Oktaviansyah, dan Brylian Negietha Dwiki Aldama juga bisa menjadi senjata.

Pilihan kian kaya dengan gelandang lain seperti Rendy dan Hamsa Lestaluhu juga bisa membuat permainan lebih hidup.

Yang menjadi keunggulan Fakhri adalah kejelian melihat potensi pemain. Rendy, yang awalnya seorang striker, dimaksimalkan menjadi gelandang serang. Juga Brylian yang dimanfaatkan menjadi posisi 'pemain nomor enam' dari peran sebelumnya sebagai sayap.

Indonesia kini sudah menjejak ke babak semifinal Piala AFF U-16 2018. Malaysia akan menjadi lawannya, laga itu akan dipentaskan di Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) malam WIB.

Pada laga ujicoba pada bulan Juli lalu, Indonesia takluk 3-4 dari Malaysia. Kreativitas Fakhri kembali dibutuhkan untuk membawa timnas U-16 kembali meraih hasil bagus.

Di SEA Games 1997, dua gol Fakhri berhasil mengantarkan Indonesia memetik kemenangan besar atas Malaysia dengan skor akhir 4-0. Dua gol lain di laga itu dicetak oleh Widodo Cahyono Putro dan Kurniawan Dwi Julianto. Malam nanti, bisakah Fakhri mengulang sukses itu dari kursi pelatih?






Tonton juga 'Indonesia Penguasa Grup A Piala AFF U-16':

[Gambas:Video 20detik]

(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed