DetikSepakbola
Kamis 20 September 2018, 14:28 WIB

Tentang Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia U-16

Randy Prasatya - detikSport
Tentang Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia U-16 Foto: Suparno/detikSport
Jakarta - Timnas Indonesia U-16 bakal tampil lagi di Piala Asia setelah sempat absen di tiga edisi terakhir. Bagaimana perjalanan tim besutan Fakhri Husaini menuju kancah Asia?

Indonesia memulai perjalanannya di Piala Asia U-16 saat menghadapi Iran di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9/2018) sore WIB. Indonesia melangkah ke Piala Asia U-16 setelah lolos sebagai juara grup di babak kualifikasi.

Indonesia meraih poin sempurna dengan mengalahkan Thailand, Timor Leste, Laos, dan Kepulauan Mariana Utara. Tim besutan Fakhri Husaini itu mencetak 25 gol dan cuma kebobolan satu kali. Sutan Diego Zico menjadi top skorer dengan 10 gol.


Laju apik Timnas Indonesia U-16 jelang Piala Asia kembali berlanjut di Piala AFF U-16. Indonesia selalu meraih kemenangan dalam waktu 90 menit sejak dari fase grup sampai semifinal.

Pada babak final, Indonesia sukses mengalahkan Thailand lewat adu penalti. Kedua tim sebelumnya berimbang 1-1 di waktu normal. Striker Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri menyandang status top skorer dalam ajang itu setelah mencetak 12 gol.

Indonesia sudah berada di Malaysia sejak Agustus guna mempersiapkan diri di ajang Piala Asia. Di sana mereka melakukan tiga laga uji coba dengan hasil kemenangan atas 5-0 atas Felda United U-17, 4-0 atas Sime Darby U-17, dan imbang 3-3 dengan Oman.

Komposisi pemain Indonesia di Piala Asia tak jauh beda dengan Piala AFF. Fakhri tampaknya bakal mengandalkan formasi idamannya, yakni 4-3-3 pada laga ini.


Di lini depan, Fakhri mungkin kembali mengandalkan Bagus, Sutan Zico, dan Mochammad Supriadi untuk menggebrak pertahanan Iran. Nama-nama seperti David Maulana, Brylian Negiehta, dan Andre Oktaviansyah bisa mengisi lini tengah untuk penyeimbang.

Amiruddin Bagas Kaffa, Nur Rahman, Komang Teguh, dan Yudah Febrian kemungkinan bakal mengisi sektor belakang. Selain bertahan, Bagas bisa menjadi penopang serangan lewat pergerakan di sisi kanan.

Meski sempat absen di Piala Asia U-16 edisi 2012, 2014, dan 2016, tim Indonesia besutan Fakhri memasang target tembus babak semifinal. Jika itu tercapai, Indonesia bakal mengantongi tiket ke Piala Dunia U-17 di Peru.


(ran/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed