sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 27 Sep 2018 15:34 WIB

'Jadi Pemain Timnas U-16 Itu Harus Keren'

Lucas Aditya - detikSport
Asti Saraswati bersama penggawa Timnas Indoneia U-16 (Lucas Aditya/detikSport)
Jakarta - Dalam staf pelatih Timnas Indonesia U-16 ada seorang psikolog. Dia adalah Asti Saraswati, yang punya cara unik untuk memompa kepercayaan diri Garuda Muda.

Asti sudah bergabung dengan timnas U-16 sejak 2014. Dia jelas sudah mengenal baik karakter Anak-anak asuhan Fakhri Husaini.

Beberapa kebiasaan dimiliki oleh pemain timnas U-16. Asti mengungkapkan salah satunya. Dia juga mendoktrin agar para pemain timnas U-16 memperhatikan penampilan.



"Ada yang kalau mau main harus sisiran lama. Memang mereka saya agak doktrin kalau pemain timnas U-16 itu harus keren," kata Asti dalam perbincangan dengan detikSport.

"Kalau ada yang jerawatan itu saya omelin. Saya selalu bilang ke mereka, cantik atau jelek itu takdir, tapi jelek itu pilihan."

"Setiap kali press conference saya selalu ikut. Saya benerin baju, rambut mereka. Dengan tampil keren mereka akan makin percaya diri," dia menambahkan.

Timnas U-16 merupakan tim yang beragam. Asal daerah masing-masing pemain menjadi rujukannya.



"Saya harus percaya diri dengan kekelingan (kulit hitam) saya, saya harus bangga dengan rambut saya. Dengan begitu karakter mereka akan keluar. Kalau sudah begitu, mau dihantam dengan masalah sebesar apapun mereka akan tahan,' kata Asti.

Timnas U-16 akan menjalani pertandingan ketiga Grup C Piala Asia 2018. India merupakan tim yang akan dilawan Timnas U-16 di stadion nasional Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018).



Tonton juga 'Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam Berakhir Imbang 1-1':

[Gambas:Video 20detik]

(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com