sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 10 Okt 2018 13:20 WIB

Indonesia vs Myanmar: Ajang Seleksi Skuat Menuju Piala AFF 2018

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Indonesia warisan Luis Milla akan dimainkan saat hadapi Myanmar (Agung Pambudhy/detikSport)
Cikarang - Timnas senior Indonesia menjajal kekuatan Myanmar. Laga ini sekaligus untuk mencari 23 nama yang bakal masuk skuat menuju Piala AFF 2018.

Laga uji coba antara Indonesia vs Myanmar akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Rabu (10/10/2018) malam WIB. Kedua tim tengah memetakan kekuatan untuk persiapan Piala AFF pada November mendatang.

Pelatih interim Indonesia, Bima Sakti, membawa 22 pemain di laga ini. Sebagaian besar skuat adalah para pemain di Asian Games 2018 yang lalu.






Dengan komposisi yang tak jauh beda, Bima juga mengindikasikan permainan Skuat Garuda tak akan banyak perubahan. Pria 42 tahun itu berencana mempertahankan pakem permainan timnas saat diasuh Luis Milla.

Milla memiliki skema favorit 4-3-3. Permainan bola-bola bawah dengan mengandalkan kecepatan sayap dan pressing-pressing menjadi tampilan yang kerap disuguhkan pelatih Spanyol itu.

Timnas juga lebih berani membangun serangan mulai dari kiper. Para pemain kerap membentuk pola segi tiga untuk memudahkan pemain yang menguasai bola memilih opsi aliran bola.

Gaya main seperti itu terlihat jelas saat Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab di 16 besar Asian Games 2018. Meski kalah dalam drama adu penalti, Indonesia bermain dengan sangat atraktif seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya.







"Pemain sudah lama dengan saya. Skuat ini juga banyak pemain sewaktu di Asian Games," kata Bima di Hotel Zuri, Cikarang.

"Kami juga sudah punya pakem cara main Indonesia dan itu harus kami pertahankan. Tidak jauh beda, sih, dengan apa yang diterapkan oleh Milla," dia menambahkan.

Di barisan belakang, kiper Andritany Ardhiyasa kemungkinan besar bakal dilapisi empat bek, yakni Ricky Fajrin, Hamsamu Yama, Rezaldi Hehanusa, dan I Putu Gede.







Evan Dimas, Zulfiandi, Stafano Lilipaly diperkirakan bakal mengisi posisi tengah. Ketiganya bisa berbagi peran untuk membantu pertahanan dan penyambung aliran bola ke lini serang.

Irfan Jaya dan Febri Hariyadi bakal bertugas sebagai striker sayap sebagai pusat serangan. Kedunya punya tugas untuk menyuplai bola kepada Alberto Goncalves selaku target-man.

Selepas melawan Myanmar, Indonesia akan beruji coba melawan Hong Kong. Laga akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Selasa (16/10/2018).

Skuat Timnas Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa, Persija Jakarta
2. Muhammad Ridho, Borneo FC

Bek:

3. Fachruddin, Madura United
4. Hansamu Yama Pranata, Barito Putera
5. Abdul Rahman, PSM Makassar
6. Ricky Fajrin, Bali United
7. I Putu Gede, Bhayangkara FC
8. Alfin Tuasalamony, Arema FC
9. Rezaldi Hehanusa, Persija Jakarta
10. Alfath Fathier, Madura United

Tengah:

11. Evan Dimas Darmono, Selangor FA
12. Zulfiandi, Sriwijaya FC
13. Dedi Kusnandar, Persib Bandung
14. Rizki Pora, Barito Putera
15. Bayu Pradana, Mitra Kukar
16. Septian David Maulana, Mitra Kukar
17. Irfan Jaya, Persebaya Surabaya
18. Febri Hariyadi, Persib Bandung
19. Stefano Lilipaly, Bali United
20. Esteban Vizcarra, Sriwijaya FC

Striker:

21. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC
22. Dedik Setiawan, Arema FC


Saksikan juga video 'Kalahkan Thailand, Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(ran/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com