DetikSepakbola
Rabu 17 Oktober 2018, 15:00 WIB

Bisa Jadi Pembeda di Timnas U-19, Egy?

Lucas Aditya - detikSport
Bisa Jadi Pembeda di Timnas U-19, Egy? Pemain timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri. (Foto: Zabur Karuru/Antara)
FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Jakarta - Egy Maulana Vikri sudah kembali masuk ke skuat Indonesia di Piala Asia U-19 2018. Efek instan pemain Lechia Gdansk itu diharapkan terjadi di tim Garuda Muda.

Setelah negosiasi alot antara PSSI dengan Lechia, Egy akhirnya dilepas untuk memperkuat timnas U-19 di Piala Asia 2018. Egy baru bergabung pada awal Oktober 2018. Menjelang laga persahabatan timnas Indonesia melawan Arab Saudi dan Yordania. Egy cuma berlaga sekali dan tak bisa bermain penuh saat melawan Yordania.

Saat itu, Indonesia menang 3-2. Egy bermain sebagai pemain pengganti sejak menit ke-38. Dan cuma bermain hingga menit ke-90.

Di laga itu, Egy bisa menjadi dimensi baru serangan Timnas U-19. Dengan tusukan dan kecepatannya, Egy bisa menarik konsentrasi lawan. Indonesia berhasil memetik kemenangan pertama dalam empat pertandingan terakhir menjelang berlaga di Piala Asia 2018.




Tanpa Egy, lini depan Indonesia timnas U-19 kurang menggigit. Hasilnya, tim asuhan Indra Sjafri tak bisa meraih hasil positif dengan ditahan Thailand dan ditaklukkan China serta Arab Saudi.

Dalam skema 4-3-3 yang dimainkan Indra Sjafri, Egy memang memegang peranan penting. Dia ditugasi melakukan penetrasi dari sisi sayap untuk mencetak gol atau memberikan operan untuk penyerang tengah.

Bukti penampilan bagus Egy tersaji di Piala AFF U-19 di Myanmar tahun lalu. Meski gagal membawa Indonesia menjadi juara dengan hanya finis ketiga, pemain alumni diklat Ragunan itu menjadi top skorer dengan delapan gol yang disumbangkan.

Penampilan Egy tak secemerlang di Myanmar saat berlaga di Piala AFF 2018. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumahnya. Ajang itu berlangsung di Sidoarjo dan Gresik.




Indonesia kembali finis di posisi ketiga, Egy kali ini cuma membukukan satu gol. Saddil Ramdani dan Muhammad Rafli Mursalim menjadi penyumbang gol terbanyak untuk Indonesia, masing-masing tiga kali menjebol gawang lawan.

Kini, Egy sudah kembali dengan pengalamannya saat berlaga di Eropa bersama tim kedua Lechia. Sudah bermain sebanyak 3 kali, Egy berhasil membukukan tiga gol.

Gol-gol Egy kini dinanti oleh Timnas U-19. Satu pekerjaan masih harus dijalani agar bisa menunjukkan performa maksimal. Egy saat ini harus beradaptasi dengan cuaca dan jam tidur, dia sampai harus dibantu dengan suatu alat agar tak lagi jet lag.

Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan pada pertandingan pertamanya di Grup A Piala Asia 2018. Duel itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (18/10/2018) malam WIB. Berturut-turut dalam rentang enam hari setelahnya, Qatar dan Uni Emirat Arab sudah menanti. Bisa menjadi sumber gol timnas U-19, Egy?







(cas/nds)

FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed