DetikSepakbola
Jumat 19 Oktober 2018, 13:59 WIB

Sudah Lama Timnas U-19 Tak Clean Sheet

Randy Prasatya - detikSport
Sudah Lama Timnas U-19 Tak Clean Sheet Pemain timnas Indonesia U-19. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mempunyai rekor pertahanan yang buruk. Garuda Muda sudah lama tak mencatatkan clean sheet saat menjalani pertandingan.

Indonesia kebobolan dengan cara yang buruk saat melawan Taiwan di matchday 1 Piala Asia U-19 2018. Itu menandai mereka tidak pernah lagi clean sheet di tujuh pertandingan terakhir.

Indonesia menang 3-1 saat bertemu Taiwan di Grup A Piala Asia U-19. Satu gol Egy dan dua gol Witan Sulaiman membuat tim asuhan Indra Sjafri itu meraih tiga poin di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (19/10/2018).

Meski menang, ada catatan negatif dari sisi pertahanan. Kesalahan koordinasi membuat Indonesia dengan mudah dibobol oleh Wang Chung Yu, yang lebih dulu memanfaatkan kesalahan Nurhidayat Haji Haris dalam menyapu bola.




Lebih parahnya lagi, gol itu bisa dikatakan kesalahan dari Rachmat Irianto dalam menjaga salah satu pemain Taiwan. Dia terkecoh dan membuat lawan dengan mudah menyodorkan bola ke Huang Jyun Wun untuk memberikan assist di menit ke-52.

Dengan gol Taiwan itu, Indonesia tidak mencatatkan clean sheet sejak Kualifikasi Piala Asia U-19 melawan Korea Selatan dan Malaysia. Selanjutnya, Indonesia kebobolan dalam laga uji coba melawan Thailand, China, Arab Saudi, dan Yordania.

"Kalau dilihat lagi, gol-gol lawan terjadi berkat memanfaatkan kesalahan kami. Tadi juga kebobolan karena komunikasi lini belakang. Ini salah satu yang juga harus diperbaiki lagi," kata Indra Sjafri usai laga melawan Taiwan.

Selain tak mencatatkan clean sheet, Indonesia juga terhitung buruk di periode waktu 45-60 menit. Sudah ada enam gol yang bersarang ke gawang Indonesia dalam waktu tersebut. Itu menjadi yang terbanyak dari total laga di Kualifikasi Piala Asia, uji coba, dan Piala Asia.




Saksikan juga video 'Garuda Muda Hajar Taiwan 3-1 di Laga Perdana Piala Asia U-19':

[Gambas:Video 20detik]


(ran/cas)

FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed