DetikSepakbola
Selasa 23 Oktober 2018, 16:49 WIB

Muhammad Rafli atau Rivaldo Ferre, Siapa Lebih Berbahaya?

Randy Prasatya - detikSport
Muhammad Rafli atau Rivaldo Ferre, Siapa Lebih Berbahaya? Pemain depan timnas Indonesia U-19, Muhammad Rafli Mursalim. (Foto: Robertus Pudyanto/AFC)
Jakarta - Muhammad Rafli Mursalim menjadi pilihan utama di lini depan Timnas Indonesia U-19. Dibandingkan Todd Rivaldo Ferre, siapa yang lebih berbahaya?

Rivaldo membuat kejutan saat bermain melawan Qatar di Piala Asia U-19 2018. Dia mencetak hat-trick saat Garuda Muda takluk 5-6 dari Qatar di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018) malam WIB.

Gelandang asal Papua itu masuk menggantikan Rafli, pemain yang juga dia ganti saat Indonesia vs Taiwan. Meski performanya oke saat melawan Qatar, Rivaldo tak dapat jaminan main sebagai starter saat melawan Uni Emirat Arab di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (24/10/2018). Pelatih Indra Sjafri menilai Rivaldo bagus kalau memulainya dari bangku cadangan.

Rafli bermain selama 73 menit saat Indonesia mengalahkan Taiwan 3-1 di matchday pertama Grup A. Dalam kurun waktu tersebut, dia cuma membuat sentuhan dengan bola di kotak penalti sebanyak empat kali dari catatan AFC. Itu dari sembilan umpan yang dia terima.

Tak ada gol, assist, atau umpan kunci yang dia buat pada saat itu. Tujuh umpan suksesnya juga lebih banyak dilakukan pada area luar kotak penalti lawan, bahkan ada dua umpannya yang gagal saat menuju kotak penalti.

Di sisi lain, Rivaldo juga tidak bagus-bagus amat main saat melawan Taiwan. Dia tak mencetak gol dan cuma ada satu umpannya yang sukses ke arah kotak penalti lawan.

Rivaldo cuma bisa menyentuh bola satu kali saat di dalam kotak penalti Taiwan. Total dia mendapat umpan sebanyak tujuh kali dengan enam di antaranya dari Syahrian Abimanyu.

Di laga melawan Qatar, Rafli bikin tiga sentuhan di kotak penalti lawan. Tak ada gol, namun ada satu umpan kunci yang dia buat.


Gambar sentuhan Rafli vs QatarGambar sentuhan Rafli vs Qatar Foto: Screenshot


Rivaldo mendapat empat kali kesempatan sentuhan pertamanya di kotak penalti lawan. Artinya, Rivaldo bisa menemukan celah untuk rekannya mengalirkan bola.

Lebih hebatnya lagi, Rivaldo juga bagus dalam aksi individu. Itu terlihat pada dua dari tiga golnya ke gawang Qatar.

Selain bagus di depan pada laga tersebut, Rivaldo juga aktif dalam pendistribusian bola yang hampir ke seluruh area. Hal ini berbeda dari Rafli yang lebih banyak menunggu umpan.

Gambar sentuhan Rivaldo Ferre vs Qatar,Gambar sentuhan Rivaldo Ferre vs Qatar, Foto: Screenshot


Dengan perbandingan itu, sudah sewajarnya Rivaldo dapat kesempatan lebih saat Indonesia menantang UEA. Kelincahan menjadi faktor lebih yang dipunya Rivaldo untuk memecah kebuntuan jika sulit masuk ke kotak penalti lawan.

Hal itu diperlukan andai serangan dari sisi sayap dengan umpan silang dan cut back mengalami kebuntuan. Penetrasi Rivaldo terbukti bisa membuahkan hasil dua gol ke gawang Qatar.



(ran/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed