DetikSepakbola
Selasa 23 Oktober 2018, 20:33 WIB

Lagu Kebangsaan Korsel Tertukar dengan Korut di Piala Asia

Amalia Dwi Septi - detikSport
Lagu Kebangsaan Korsel Tertukar dengan Korut di Piala Asia Foto: 2018 Asian Football Confederation (AFC)
FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Jakarta - Insiden memalukan terjadi di Piala Asia U-19 2018 ketika lagu kebangsaan Korea Selatan tertukar dengan lagu Korea Utara. Kok bisa?

Korea Selatan melawan Yordania di Grup C Piala Asia U-19 yang digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (22/10/2018). Sebelum pertandingan bergulir, lagu kebangsaan kedua tim diperdengarkan.

Keanehan terjadi saat giliran lagu kebangsaan Korea Selatan digaungkan. Dari raut bingung menjadi marah. Tapi, laga tetap berlanjut.




Alih-alih mendengarkan lagu nasionalnya, pemain Korea Selatan bingung karena yang diputar adalah lagu kebangsaan Korea Utara. Kondisi tersebut membuat marah ofisial Korea Selatan.

Setelah pertandingan, Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan pun melayangkan protes kepada AFC. Mereka kecewa dengan kekeliruan itu.

Panitia penyelenggara Piala AFC U-19 2018 juga telah meminta maaf atas kesalahan tersebut. Gatot Widakdo, perwakilan PSSI menyatakan bahwa panitia yang bertugas telah diganti.

"Sebelum pertandingan, lagu nasional Korea Selatan sudah berputar. Namun, saat pertandingan, panitia yang bertugas melakukan kesalahan," ujar Gatot saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

"Panitia yang bertugas telah diganti. Kami selaku panitia telah meminta maaf kepada Korea Selatan secara lisan maupun tertulis," Gatot menambahkan.





(ads/fem)

FOKUS BERITA: Piala Asia U-19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed