DetikSepakbola
Kamis 25 Oktober 2018, 14:23 WIB

Di Hari Sumpah Pemuda, Indonesia Bisa Ukir Sejarah ke Piala Dunia

Lucas Aditya - detikSport
Di Hari Sumpah Pemuda, Indonesia Bisa Ukir Sejarah ke Piala Dunia Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2018. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani perempatfinal Piala Asia U-19 2018 di hari Sumpah Pemuda. Itu bisa menjadi momen mengukir sejarah ke Piala Dunia.

Indonesia memetik kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab di laga penentuan Grup A Piala Asia U-19 2018. Witan Sulaiman menjadi penentu kemenangan Garuda Muda.

Dengan tambahan tiga poin ini, Indonesia finis sebagai runner-up Grup A Piala Asia U-19 2018. Tim Merah-Putih akan berhadapan dengan Jepang di babak delapan besar. Tim Samurai Biru sudah dipastikan menjadi juara Grup B meski masih harus memainkan laga melawan Irak.

Jepang vs Indonesia akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018) malam WIB. Hari itu bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-90.




Bertempat di Batavia, ada Kongres Pemuda kedua berlangsung. Dalam pertemuan 27-28 Oktober 1928, memunculkan sumpah berikrar mempunyai tanah air, bangsa, dan bahasa satu: Indonesia. Penetapan peringatan hari Sumpah Pemuda itu baru dilakukan 31 tahun setelahnya.

Kini, Egy Maulana Virkri cs bisa mempunyai kesempatan untuk mengukir sejarah dengan cara yang lain. Garuda Muda bisa lolos ke Piala Dunia U-20 untuk pertama kalinya. Ajang itu akan berlangsung di Polandia pada tahun depan.

Timnas Indonesia U-16 sudah gagal untuk mewujudkannya bulan lalu. Kini, giliran timnas U-19 yang mempunyai kesempatan untuk menjadikan mimpi berlaga di pesta sepakbola sejagad menjadi nyata.

Indonesia sebenarnya pernah sekali berpartisipasi di Piala Dunia U-20 tahun 1979. Tapi, saat itu mereka ditunjuk menggantikan Irak sebagai wakil Asia yang lolos kualifikasi dengan menjadi runner-up Piala Asia U-19 1978. Saat itu, Indonesia terhenti di perempatfinal usai takluk dari Korea Utara.



Saksikan juga video 'Kalahkan UEA 1-0, Indonesia Lolos ke-8 Besar Piala Asia U-19':

[Gambas:Video 20detik]


(cas/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed