sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 13 Nov 2018 22:32 WIB

Bukti Andik Vermansah Pantas Masuk Timnas

Lucas Aditya - detikSport
Andik Vermansah merayakan gol bersama Stefano Lilipaly dan Alberto Goncalves. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Andik Vermansah dinobatkan menjadi man of the match saat Indonesia vs Timor Leste di Piala AFF 2018. Dia seakan membuktikan diri pantas masuk skuat Garuda.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/2018), Indonesia memetik kemenangan 3-1 atas Timor Leste dengan susah payah. Setelah tertahan di babak pertama, tim Merah-Putih malah kebobolan lebih dulu.

Pada menit ke-48, Rufino Walter Gama mencatatkan namanya dengan tendangan jarak jauh. Selepas itu, Indonesia baru tampil lebih menekan hingga bisa menyarangkan tiga gol.

Laga melawan Timor Leste ini menjadi kesempatan pertama Andik menjadi starter. Pelatih Bima Sakti mengganti 6 pemain dari susunan pemain saat Indonesia takluk dari Singapura.

Andik sempat tertahan di babak pertama. Sisi sayap lainnya yang diisi oleh Febri Hariyadi juga tak bisa mengembangkan permainan.

Pergantian pada menit ke-56 dengan memasukkan Riko Simanjuntak menggantikan Febri menjadi awal kebangkitan Indonesia. Andik menjadi lebih berbahaya di sisi sayap kiri.




Gol Alfath Faathier di menit ke-60 merupakan buah operan Andik. Pelanggaran pada pemain nomor punggung 21 itu juga menjadi penyebab gol penalti Stefano Lilipaly. Indonesia mengunci kemenangan berkat gol Alberto Goncalves pada menit ke-82.

Dalam data yang dilansir oleh Opta, Andik menjadi pemain yang paling berbahaya di daerah permainan Timor Leste. Ada 41 sentuhan dan 20 umpan di daerah pertahanan lawan saat babak pertama.

Dengan kontribusi Andik itu, pantas kalau dia dijadikan pemain terbaik pada Indonesia vs Timor Leste. Kemenangan kali ini tetap menjaga asa Indonesia untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2018.

"Pertandingan tadi memang sangat sulit. Tapi Alhamdulillah tekad dari para pemain untuk memberikan kemenangan terus terpompa, terutama saat gol lawan tercipta, walaupun diawal mungkin kami sempat tidak enak dilihat," kata Andik di akun Twitter PSSI.

"Tapi alhamdulillah kami bisa melalui itu semua. Dan terimakasih untuk semua suporter dan masyarakat Indonesia, tetaplah optimis terhadap kami,
tetaplah mendukung kami, memberikan dukungan kepada kami supaya kami percaya diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya" ujar Andik lagi.

Di Piala AFF kali ini, Indonesia diragukan oleh para suporter. Bahkan sempat ada gerakan #kosongkanGBK menjelang laga melawan Timor Leste. Andik meminta kepada para suporter agar tak henti memberikan dukungan.

"Tetaplah mendukung kami, memberikan dukungan kepada kami supaya kami percaya diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya" kata eks pemain Kedah FA itu.


(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com