DetikSepakbola
Rabu 14 November 2018, 17:50 WIB

Thailand vs Indonesia: Menanti Gocekan Andik Vermansah di Rajamangala

Yanu Arifin - detikSport
Thailand vs Indonesia: Menanti Gocekan Andik Vermansah di Rajamangala Andik Vermansah bisa turun sejak awal saat Indonesia menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). (Foto: Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Dua tahun lalu, Andik Vermansah absen di Stadion Rajamangala akibat cedera. Kini di Piala AFF 2018, ia bisa turun sejak awal di laga Thailand vs Indonesia.

Di leg kedua final Piala AFF 2016, 17 Desember 2016, Indonesia tidak bisa memainkan Andik. Ketika itu, Andik mengalami cedera otot sejak leg pertama.

Ketiadaan Andik membuat tusukan di sisi sayap kanan Indonesia berkurang saat itu. Usai menang 2-1 di Stadion Pakansari, tim Garuda kalah 0-2 di Stadion Rajamangala. Indonesia pun gagal mengangkat trofi juara.




Dua tahun berselang, Timnas Indonesia kembali ke Stadion Rajamangala, untuk menghadapi Thailand di laga ketiga Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11). Kali ini, tim Merah Putih bisa membawa Andik.

Jelang kembali ke Thailand, Andik mengaku tidak ingin terbawa nafsu membalas dendam kekalahan di Bangkok. Ia menegaskan cuma ingin tampil sebaik mungkin agar membantu Indonesia meraih kemenangan.

"Ya kemarin (di AFF 2016 -red) saya sangat sedih sekali. Saya bahkan sempat meneteskan air mata karena tidak bisa main di leg kedua final. Bagaimana caranya besok saya tidak balas dendam, saya cuma berusaha untuk memenangkan pertandingan," kata Andik usai laga melawan Timor Leste.

"Saya tidak tahu bisa main bagus atau tidak, yang terpenting adalah saya bisa membantu teman untuk mencuri poin di Thailand besok," tambahnya.




Pelatih Bima Sakti juga menyiratkan akan kembali memainkan Andik sejak awal. Ia menyebut peran pemain senior akan sangat dibutuhkan di Thailand.

"Yang pasti semua pemain punya kesempatan, memang kami butuh pemain yang berpengalaman karena mereka bisa mengatur ritme, berkomunikasi dengan yang lain, apalagi tugas dan tanggung jawab nanti lebih berat," jelas Bima.

"Kami akan lihat beberapa hari ini, yang pasti akan memberikan kesempatan pemain senior yang lebih berpengalaman, dan mereka sudah beberapa kali seperti Andik, Fachruddin, Bayu [Pradana], juga main di 2016," ungkapnya.

Peran Andik masih begitu vital sejauh ini. Setelah di laga melawan Singapura cuma duduk di bangku cadangan, Andik dimainkan sejak awal saat Indonesia mengalahkan Timor Leste 3-1, Selasa (13/11). Winger berusia 26 tahun itu bahkan menjadi man of the match setelah berperan pada terciptanya dua gol Indonesia.

Di Thailand nanti, Indonesia wajib terhindar dari kekalahan agar bisa menjaga kans lolos ke semifinal. Mampukah Andik membantu Indonesia tampil cemerlang di Rajamangala? Menarik dinanti gocekan sang winger.







Tonton juga 'Data dan Fakta Seputar AFF Cup':

[Gambas:Video 20detik]




Thailand vs Indonesia: Menanti Gocekan Andik Vermansah di Rajamangala

(yna/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed