DetikSepakbola
Rabu 14 November 2018, 19:55 WIB

Lawan Thailand, Indonesia Fokus Perbaiki Organisasi Pertahanan

Amalia Dwi Septi - detikSport
Lawan Thailand, Indonesia Fokus Perbaiki Organisasi Pertahanan Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti. (Foto: Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, telah melakukan evaluasi pasca mengalahkan Timor Leste. Organisasi pertahanan menjadi sisi yang harus ditingkatkan.

Skuat Garuda akan bertemu Thailand pada laga ketiganya di Grup B Piala AFF 2018. Laga tersebut digelar di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018) malam WIB.

Indonesia memiliki modal bagus setelah pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Timor Leste 3-1. Skuat Merah Putih kini menempel Thailand di posisi kedua dengan poin sama.

Bima mengakui Thailand adalah lawan yang berbahaya. Butuh kerja lebih keras lagi untuk bisa mencuri poin di kandang tim Gajah Putih tersebut.

Oleh karena itu, dia sudah melakukan evaluasi terkait kekurangan di dalam timnya. Salah satunya adalah memperbaiki komunikasi organisasi, baik bertahan atau menyerang. Indonesia belum mencatatkan clean sheet dalam dua laga yang sudah dijalani.




"Yang pasti kami harus punya fokus lebih saat melawan Thailand karena mereka juga main di kandang dan mereka juga tim yang kuat di ASEAN, yang pasti kami perlu kerja keras, fokus dan yang perlu kami perbaiki organisasi bertahan bukan hanya pemain belakang tapi semuanya harus aktif menyerang atau bertahan secara kolektif," ujar Bima di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

"Bagaimana komunikasi organisasi mereka karena kemarin memang pertandingan yang sangat berat buat kami. Bagaimana bisa bangkit dari kekalahan melawan Singapura kemudian psikis mental mereka harus bangkit memenangkan pertandingan, dan saya sangat menghargai dan salut ke pemain, walaupun kami sempat tertinggal tapi mereka bisa bangkit dan memenangkan pertandingan."

"Semua harus kami perbaiki. Sirkulasi harus lebih cepat kemudian komunikasi jalan bola harus diperbaiki lagi. Yang pasti harus organisasi bertahan secara kolektif, komunikasi baik. Yang penting kami harus konsentrasi di semua lini. Kami akan main normal, kami harus semua harus fokus untuk mencuri poin di Thailand," pungkasnya.






(ads/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed