DetikSepakbola
Minggu 18 November 2018, 20:16 WIB

Timnas Filipina Berpengalaman, tapi Indonesia Tetap Punya Peluang

Mercy Raya - detikSport
Timnas Filipina Berpengalaman, tapi Indonesia Tetap Punya Peluang Indonesia dalam posisi sulit di Piala AFF usai kekalahan dari Thailand. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye)
Jakarta - Peluang Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2018 memang berat. Wajib menang lawan Filipina, dukungan untuk tim 'Garuda' diharapkan tetap maksimal.

Langkah Indonesia untuk lolos dari Grup B Piala AFF 2018 mengecil usai kalah 2-4 dari Thailand. Hasil itu membuat Indonesia kini baru mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan.




Tim 'Merah-Putih' tertinggal tiga poin dari Thailand dan Filipina yang baru bermain dua kali. Sementara Singapura unggul berkat selisih gol.

Indonesia kini wajib menang atas Filipina di laga terakhir fase grup untuk menjaga asa lolos. Indonesia juga harus berharap Filipina dan Singapura tak menang di laga lainnya.

Mantan pelatih Filipina Simon McMenemy menyebut Filipina punya keunggulan pengalaman. Selain sejumlah pemain berkarier di luar negeri, beberapa nama juga sudah makan asam garam bersama timnas.




"Keuntungan timnas Filipina ialah banyak pemain mereka yang sudah lama merasakan (pengalaman) di luar Filipina. Mereka datang dari beberapa negara ada yang datang dari Belgia, Inggris, Jerman, dan beberapa negara," kata Simon, yang juga pelatih Bhayangkara FC, dalam jumpa persnya di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018)

"Jadi mereka punya pemahaman tentang sepakbola dan edukasi sedikit di atas pemain indonesia juga. Itu yang menjadi keuntungan mereka."

"Tapi itu bukan berarti bisa memenangkan pertandingan. Karena sesuatu bisa saja terjadi di lapangan. Misal ada pemain yang keluar karena kartu merah, ada yang cedera, perubahan taktik yang tidak cepat diadaptasi oleh pemain Filipina. Itu bisa saja terjadi," ujarnya menambahkan.

Simon menyebut Indonesia juga bisa meraup poin penuh jika puluhan ribu suporternya mendukung di SUGBK saat pertandingan nanti. Itu menjadi atmosfer tersendiri buat lawan.




"Jika stadionnya penuh maka itu akan mengangkat motivasi pemain dan atmosfer itu yang sangat mengintimidasi sekali karena saya pernah merasakan hal seperti itu," ungkapnya.

Simon berharap suporter terus mendukung timnas, terlepas situasi saat ini. Dia mengingatkan suporter perlu ada untuk tim di saat menang dan kalah.

"Padahal dukungan penuh dari suporter dalam kondisi apapun punya peluang untuk memenangkan pertandingan karena pemain akan termotivasi," ucap dia.
(mcy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed