DetikSepakbola
Rabu 21 November 2018, 11:20 WIB

Indonesia Hobi Banget Gantungkan Nasib ke Thailand

Lucas Aditya - detikSport
Indonesia Hobi Banget Gantungkan Nasib ke Thailand Pemain timnas Indonesia usai kalah dari Thailand di laga kedua Grup B Piala AFF 2018. (Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara)
FOKUS BERITA: Piala AFF 2018
Jakarta - Indonesia dalam kondisi terjepit di Piala AFF 2018. Situasinya serupa dengan dua tahun lalu, skuat Garuda harus bersandar pada Thailand untuk terus melaju.

Di Grup B Piala AFF 2018, Indonesia baru mengumpulkan 3 angka hasil dari 3 kali bermain. Tim asuhan Bima Sakti itu kalah dari Singapura dan Thailand, serta menang saat berhadapan dengan Timor Leste.

Indonesia ada di posisi keempat klasemen dan tinggal mempunyai 1 pertandingan di babak grup Piala AFF. Sementara itu, Filipina, Singapura, dan Thailand menjalani satu laga lebih sedikit.

Filipina dan Thailand akan berhadapan di lanjutan Grup B, Rabu (21/11/2018). Duel keduanya akan berlangsung di Panaad Stadium, Bacolod, Filipina.

Filipina dan Thailand masih sempurna dalam dua laga. Mereka berbagi dua posisi teratas dengan raihan enam poin. Hasil imbang dalam laga itu sudah cukup untuk menutup kans Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018.




Bukan kali ini saja Indonesia menggantungkan nasib pada Thailand. Dua tahun lalu, situasinya juga sama.

Indonesia terjepit setelah dua laga Piala AFF 2016. Tim Merah-Putih menelan kekalahan dari Thailand dan seri melawan Filipina di dua laga awal.

Filipina dan Thailand berduel di laga pamungkas, Indonesia bertemu dengan Singapura.

Indonesia wajib menang untuk lolos ke semifinal, sembari berharap Filipina dan Thailand tak main mata.

Pelatih Thailand saat itu, Kiatisuk Senamuang, berjanji akan tetap bermain untuk mengejar kemenangan. Janjinya itu dibuktikan dengan mengalahkan The Azkals dengan skor akhir 1-0. Di sisi lain, Indonesia berhasil menaklukkan Singapura dengan skor 2-1.




Para prosesnya, Indonesia dan Thailand berhadapan di laga final. Tim Negeri Gajah Putih yang keluar menjadi juara.

Penyerang The War Elephants, Adisak Kraisorn, mengucapkan pernyataan serupa selepas Thailand mengalahkan Indonesia. Dia berharap agar Thailand vs Indonesia akan dipentaskan di final.

"Saya masih berharap Indonesia dan Thailand bisa bertemu di final," kata Kraisorn setelah menaklukkan Indonesia akhir pekan lalu.

Pernyataan Kraisorn itu setidaknya bisa sedikit memberi rasa tenang untuk Indonesia, ada indikasi Thailand takkan bermain mata di sisa laga Grup B Piala AFF 2018. Di pertandingan pamungkas, Thailand akan berhadapan dengan Singapura.

Saat Indonesia terjepit di dalam dua edisi terakhir Piala AFF, Thailand selalu memberikan sedikit dukungan. Thailand selalu mendukung Indonesia lolos ke final.

Pantas saja kalau Thailand menjadikan Indonesia sebagai lawan favorit di final Piala AFF. Tiga kali berduel di laga puncak melawan Indonesia, Thailand selalu mengakhiri kompetisi dengan gelar juara.





Saksikan juga video 'Kalah 2-4 dari Thailand, Indonesia Sulit Maju ke Fase Knockout':

[Gambas:Video 20detik]


(cas/fem)

FOKUS BERITA: Piala AFF 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed