sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Nov 2018 18:03 WIB

Meski Sulit, Persib Akan Ngotot Kejar Slot Piala AFC

Mukhlis Dinillah - detikSport
Foto: Wisma Putra/detikSport Foto: Wisma Putra/detikSport
Bandung - Peluang Persib Bandung menjuarai Liga 1 2018 tertutup. Kini, anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez itu berfokus mengamankan tiket Piala AFC 2019, meski sulit.

Persib dipastikan tak menjadi juara Liga 1 musim ini setelah PSMS Makassar menuai kemenangan atas Bali United 4-0. Dengan tambahan tiga poin, Juku Eja mengantongi 57 poin, sedangkan Persib masih 50 poin.

Meskipun sanggup menyapu bersih dua laga sisa, menghadapi Persela Lamongan dan Barito Putera, Persib tak akan bisa melampaui poin PSM, yang sama-sama menyisakan dua laga.

"Tentu kami harus mengejar opsi lain karena kami sudah katakan jika tidak bisa menjadi juara, terpenting kami bisa masuk ke AFC Cup," kata Gomez kepada wartawan di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Senin (26/11/2018).




Misi itu juga bukan hal mudah bagi Persib. AFC Cup hanya menyediakan dua tempat. Kemungkinan besar, satu tempat menjadi milik juara Liga 1 yang harus menjalani preliminary hingga tiga tahap untuk mencari tempat di babak grup Liga Champions Asia.

Artinya, Persib akan lebih aman ke AFC Cup jika finis di urutan kedua. Saat ini, urutan kedua klasemen Liga 1 ditempati Persija dengan 56 poin. Peringkat ketiga berstatus menunggu.

Dengan 50 poin, Perisb bersaing ketat dengan Bhayangkara (49 poin) dan Barito Putra (45 poin). Kedua tim masih menyisakan tiga laga.

"Kami harus fight termasuk menghadapi Bhayangkara (posisi 4) dalam situasi ini," ujar pelatih berkebangsaan Argentina ini.

Persib dalam tiga pertandingan terakhir menelan dua kekalahan dan sekali imbang. Meski begitu, Gomez optimistis Supardi cs bisa memaksimalkan dua laga pamungkas Liga 1.

"Mereka masih ingin tetap melanjutkan perjuangan termasuk di laga terakhir. Mereka masih punya spirit untuk laga berikutnya dan itu yang terpenting," ujar pelatih berusia 61 tahun ini.

Perebutan takhta juara tinggal menyisakan PSM dan Persija Jakarta yang sama-sama menyisakan dua laga. Saat ini PSM mengantongi 57 poin, sedangkan Persija hanya terpaut satu poin.




Klasemen Liga 1 2018 bisa disimak di sini.



(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com