sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 27 Nov 2018 17:27 WIB

Aneh Liga Tetap Jalan Saat Timnas Bertanding

Mercy Raya - detikSport
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Mantan pemain Timnas Indonesia, Charis Yulianto, kecewa dengan hasil Timnas di Piala AFF 2018. Dia juga merasa aneh dengan liga yang tetap berjalan saat Skuat Garuda bertanding.

Timnas Indonesia tersingkir di babak grup Piala AFF 2018. Persiapan minim, menunjuk pelatih secara dadakan, dan liga tetap berjalan menjadi beberapa faktor yang disebut sebagai penyebab kegagalan Timnas.

Deretan aspek itu berujung pada ketidakmampuan PSSI merencanakan dan menjalankan tanggung jawab. Suporter, Kemenpora, dan beberapa klub di Liga 1 meminta agar PSSI berbenah. Salah satunya mencopot pucuk pimpinan, Edy Rahmayadi. Malah, Kemenpora dan pengamat menilai bukan hanya Edy yang layak meninggalkan kursinya, namun beberapa personel pun dinilai tak kompeten.

"Ya semua pasti masyarakat dan saya pribadi ikut merasakan kecewa, tapi tim pelatih sudah berjuang semaksimal mungkin,. Saya pikir ini hasil yang terbaik," kata Charis saat dihubungi pewarta, Selasa (27/11/2018).




"Ya mungkin ke depannya harus diperbaiki dari segi persiapannya. Saya pikir alangkah baiknya jika ada agenda timnas maka kompetisi diberhentikan. Itu mungkin salah satu solusi menyikapi timnas agar persiapannya lebih baik ke depannya," ujar asisten pelatih Borneo FC U-19.

Dia juga sekaligus mengomentari penampilan perdana Bima Sakti sebagai pelatih Timnas.

"Ya ini pengalaman baru untuk Bisa (Sakti) dan mungkin menjadi pelajaran baru juga karena tidak mudah, butuh kerja keras juga, saya pikir ini menjadi satu hal yang harus dipikirkan ke depannya," katanya.

"Mudah-mudahan semua elemen bisa berpikir positif lagi untuk ke depannya demi sepakbola Indonesia," dia menyarankan.





(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com