ADVERTISEMENT

Wakil Sulsel Juara Liga Desa 2018

Amalia Dwi Septi - Sepakbola
Jumat, 30 Nov 2018 22:22 WIB
Desa Rappang, Sulawesi Selatan juara Liga Desa Nusantara 2018. Foto: ist.
Jakarta - Liga Desa Nusantara 2018 telah menghasilkan juara. Wakil Sulawesi Selatan, Rappang, keluar sebagai kampiun di tahun ini.

Desa Rappang dari Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, menjadi juara Liga Desa Nusantara 2018. Dalam partai final melawan Desa Cukanggalih dari Banten, di Lapangan Bonek Legok, Jumat (30/11/2018) Rappang menang lewat adu penalti dengan skor 4-1.

Pertandingan antara Rappang menghadapi Cukanggalih berlangsung seru. Dalam pertandingan 2x35 menit skor sama kuat 0-0. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Rappang berhasil mengatasi tekanan dari suporter Cukanggalih yang merupakan tuan rumah dari Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018.

Rappang yang kemudian mendapatkan dukungan dari para pemain tim peserta yang gugur di fase grup dan semifinal, mampu memenangi adu penalti dengan skor 4-1. Empat penendang Rappang yang sukses mengeksekusi penalti adalah Aldy Azmim, Taslim, Juhardi, dan Alif.

Sedangkan Cukanggalih eksekutor yang berhasil mencetak gol dalam adu penalti adalah Sumantri, kapten tim. Dua penendang lainnya gagal menjalankan tugas, yaitu Ahmad dan Egit.

Dengan gelar juara ini, Rappang berhak atas piala tetap dari Kemendesa PDTT sebagai penyelenggara Liga Desa Nusantara. Selain itu juga menerima uang pembinaan sebanyak Rp 50 juta.

Sedangkan Cukanggalih mendapatkan trofi peringkat kedua dan uang pembinaan Rp 40 juta. Sementara gelar peringkat ketiga bersama diserahkan kepada Desa Bergas Kidul (Jawa Tengah) dan Desa Pangulah Selatan (Jawa Barat).

"Terima kasih atas semua dukungan yang kami dapatkan, sehingga bisa menjadi juara Liga Desa 2018. Kami juga berterima kasih buat warga Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah seri nasional, karena bisa menjadi tuan rumah yang baik," kata Paisal, pelatih Rappang dalam rilis yang diterima detiksport.

Sementara itu Dirjen PPMD Kemendesa PDTT, Taufik Madjid, menyampaikan penyelenggaraan Liga Desa 2018 membuktikan program "Raga Desa" dari Kemendesa PDTT mampu membangkitkan gairah perekonomian dan olahraga di pedesaan. Dengan adanya Liga Desa, banyak tim sepakbola dari desa makin aktif.

"Tahun depan kami berharap bisa menggelar Liga Desa di 24 provinsi. Pada tahun pertama digelar di dua provinsi, sekarang diselenggarakan di 12 provinsi," kata Taufik Madjid.

Berikut Distribusi Gelar:

Juara: Desa Rappang (Sulawesi Selatan)
Runner-up: Desa Cukanggalih (Banten)
Peringkat ketiga: Desa Bergas Kidul (Jawa Tengah), Desa Pangulah Selatan (Jawa Barat)
Pemain Terbaik: Sumantri (Cukanggalih/Banten)
Topscorer: Rahmat Iskandar (3 gol/Pangulah Selatan/Jawa Barat)
Tim Fair Play: Desa Sibak (Bengkulu) (ads/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT