sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 03 Des 2018 18:17 WIB

Disebut Dalam Pengaturan Skor, Hidayat Mundur dari Exco PSSI

Mercy Raya - detikSport
Hidayat (kanan) mundur dari exco PSSI (Mercy Raya/detikSport) Hidayat (kanan) mundur dari exco PSSI (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Komite Eksekutif PSSI, Hidayat, yang disebut-sebut dalam pengaturan skor di Liga 2 2018, mengumumkan mundur dari jabatannya. Dia tak ingin membebani PSSI, keluarga, dan kampusnya.

Pernyataan mundur itu disampaikan Hidayat dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Sultan, Senayan, pada Senin (3/12/2018). Dia didampingi oleh Direktur Media PSSI, Gatot Widagdo.

"Niatan baik saya ini menjawab apa yang dituduhkan kepada saya sebagai pelaku pengaturan skor. Hal ini tentunya berdampak kepada beban PSSI, yang berikutnya adalah menjadi beban bagi siapapun yang terkait dengan saya. Oleh karena itu saya tak ingin tambah beban pada PSSI, saya ingin menjaga marwah martabat PSSI, saya juga ingin ketentraman, ketenangan keluarga saya, saya juga akan menjaga martabat teman-teman seprofesi saya termasuk kampus tempat saya mengajar, mengabdi, oleh karena itu saya menyatakan mengundurkan diri menjadi anggota exco," kata Hidayat.


Hidayat sebelumnya dituduh terlibat pengaturan skor di kompetisi Liga 2. Peristiwa itu terjadi saat babak delapan besar Liga 2 yang mempertemukan Madura FC melawan PSS Sleman.

Manajer Madura FC, Januar Herwanto, menyebut dihubungi Hidayat yang meminta agar Madura FC mengalah. Hidayat menawarkan sejumlah uang Rp 100-150 juta.

Hidayat pun mengakui memang ada komunikasi dengan Januar. Tetapi, tuduhan pengaturan skor tersebut tidak benar. Hidayat bahkan bilang dalam pernyataan sebelumnya dirinya akan mundur jika dinyatakan bersalah oleh Komdis.

Tapi, kini dia menyebut jika keputusan untuk mundur bukanlah karena dia bersalah.

"Ini adalah bentuk konsekuensi. Yang menjadi pertanyaan adalah di dalam pernyataan saya sebelumnya saya akan mundur kalau dinyatakan bersalah oleh komdis. Saya merenung setelah melihat proses ada fakta yang saya pahami saya pikir saya tak perlu menunggu proses itu. Komdis biar berjalan saya juga tidak menggunakan status saya sebagai anggota Exco saya minta dii sidang sebagai mana Hidayat," ungkap Hidayat.

"Oleh karena itu kita semua menunggu hasil Komdis dan kami meminta Komdis untuk menyidangkan secara adil supaya saya mendapat proporsi seadil-adilnya, supaya masyarakat juga tahu di mana posisi kebenaran yang saya lakukan dan di mana posisi yang patut tidak saya lakukan," ujar dia.

"Jadi kenapa saya minta mundur karena saya tak ingin menambah beban kepada keluarga saya. Saya ingin menjaga kebahagian dna ketengan keluarga saya. Oleh karena itu, pernyataan pengunduran saya ini, saya minta komdis meneruskan melakukan persidangan yang disebutkan saya terlibat dalam permasalahan itu setuntas-tuntasnya, saya juga tak melakukan upaya komunikasi apapun, atau pun intervensi kepada siapapun," dia menegaskan.



Disebut Dalam Pengaturan Skor, Hidayat Mundur dari Exco PSSI
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed