Gagal Naik Kasta, Persiraja Banda Aceh Rombak Skuat Tim

Agus Setyadi - Sepakbola
Selasa, 11 Des 2018 18:19 WIB
Foto: dok. Persiraja Banda Aceh
Banda Aceh - Persiraja Banda Aceh gagal naik kasta ke Liga 1 musim depan. Klub berjuluk Laskar Rencong itu pun merombak tim habis-habisan hingga tersisa 30 persen pemain lama.

Persiraja tersingkir di babak delapan besar Liga 2 2018. Mereka pun gagal promosi ke Liga 1 2019.

Kendati Liga 2 musim depan masih lama, sejumlah persiapan dilakukan Persiraja. Manajemen mulai berbenah dan menggelar diskusi untuk merekrut pemain baru.

Perubahan itu tak semata-mata demi naik kasta. Tapi, juga untuk menghadapi dua seteru tradisional, PSMS Medan dan Sriwijaya FC, yang turun kasta ke Liga 2.


"Kami hanya mempertahankan 30 persen pemain lama di musim 2018 untuk Liga 2 tahun 2019," kata Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam, dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (11/12/2018).

Sebelum mematangkan persiapan, manajemen bakal menggelar diskusi kecil tentang Persiraja. Peserta yang diundang sejumlah pemain lama, pemerhati sepak bola, legenda, suporter dan wartawan. Mereka akan diminta masukan untuk perkembangan Persiraja.

"Evaluasi dilakukan secara menyeluruh. Pemain yang dipertahankan sekitar 30 persen, pelatih juga akan dievaluasi, pada diskusi nanti akan kita lihat bagaimana, karena kita tidak bisa mengukur dengan kacamata sendiri kan," Nazaruddin menjelaskan.

Dalam perjalanan musim Liga 2 2018, mentalitas dan memenangkan pertandingan di luar kandang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Persiraja.

"Dalam diskusi ini nantinya kita undang pemain Persiraja yang berprestasi di masanya, mungkin sekitar 10 orang untuk kita dengar masukannya. Mereka hanya memberikan masukan dan tidak mamvonis. Bagaimana memenangkan pertandingan di luar kandang. Bagaimana mereka berjuang dulu mati-matian," ujar Nazaruddin.

(agse/fem)