sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 14:11 WIB

Simon McMenemy: dari Mitra Kukar, Bhayangkara FC, Kini Timnas Indonesia

Yanu Arifin - detikSport
Simom McMenemy resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia. (Foto: dok. Bhayangkara FC) Simom McMenemy resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia. (Foto: dok. Bhayangkara FC)
Jakarta - Dari Mitra Kukar, Bhayangkara FC, kini berlabuh di Timnas Indonesia. Begitulah gambaran singkat karier Simon McMenemy di sepakbola tanah air.

Pada Kamis (20/12/2018), McMenemy resmi ditunjuk PSSI sebagai pelatih baru Timnas Indonesia. Ia menggantikan Bima Sakti, yang baru saja gagal membawa Merah-Putih bersaing di Piala AFF 2018.




Posisi pelatih timnas mungkin bisa disebut jabatan tertinggi yang diraih McMenemy di Indonesia. Sebelumnya, ia cuma menukangi tim di level klub.

Seperti tercatat di Wikipedia, McMenemy mengawali karier kepelatihannya pada tahun 2009, ketika menjadi asisten pelatih klub di Inggris Worthing Football Club. Setahun berselang, ia melatih Timnas Filipina, kemudian pindah lagi ke Vietnam untuk melatih Dong Tam Long An.




McMenemy mulai berkarier di Indonesia pada musim 2011. Ketika itu, pelatih kelahiran Aberdeen, 6 Desember 1977 tersebut, melatih Mitra Kukar. Ketika itu, ia masuk menggantikan Benny Dollo yang dipecat Naga Mekes. Hingga akhir musim, ia membawa Mitra Kukar

Semusim berselang, ia pindah ke Pelita Bandung Raya. Namun kariernya tak oke, dengan ia dipecat dan digantikan Darko Janackovic. Sejak saat itu, Simon pun sempat berkarier di luar Indonesia.

Ia sempat menukangi klub Maladewa New Radiant dan klub Filipina Loyola Meralco Sparks. Baru pada 2017, ia kembali ke Indonesia.

Ketika itu, ia datang usai direkrut Bhayangkara FC, dan langsung membawa The Guardian menjuarai Liga 1 2017. Semusim berselang, ia mengantar Awan Setho dkk finis di posisi ketiga.




McMenemy juga pernah menghadapi Timnas Indonesia. Di Piala AFF 2010, McMenemy dan Filipina-nya disingkirkan Maman Abdurrahman dkk di semifinal dengan kekalahan agregat 0-2.

Kini, McMenemy melatih Timnas Indonesia. Menarik disimak polesan tangan dinginnya untuk timnas, yang sedang seret prestasi. (yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com