Dampingi Indra Sjafri di Timnas U-22, Nova Arianto Jadi Asisten Pelatih

Amalia Dwi Septi - Sepakbola
Jumat, 04 Jan 2019 20:24 WIB
Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-22 (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengumumkan dua asisten pelatih yang akan mendampinginya. Mereka adalah Yunan Helmi dan Nova Arianto.

PSSI telah menunjuk Indra menjadi pelatih kepala Timnas U-22. Timnas U-22 ditunggu tiga ajang tahun ini.

Pertama, Piala AFF U-22 di Kamboja pada Februari, kemudian kedua, Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Thailand pada pertengahan 2019, dan SEA Games 2019 Manila pada November 2019.


Indra pun harus bergerak cepat menyusun timnya. Pertama, dia membangun staf pelatih.

"Terpaksa saya mencari pendamping baru yang sesuai regulasi. Tim inti, asisten pertama Yunan Helmi dari Barito Putera dan juga mengambil lisensi AFC A Pro. Asisten kedua sudah pernah berkiprah di klub, Nova Arianto, yang sekarang kebetulan posisinya tanpa kontrak," ujar Indra di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (4/1/2019)

"Untuk dua pelatih tersebut saya anggap pelatih yang sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh AFC dan juga sudah punya pengalaman dalam melatih atau punya jam terbang di klub," dia menambahkan.


Nova menjadi bagian skuat Timnas senior pada 2008 hingga 2010, juga bermain untuk Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC. Nova, 40 tahun, pernah menangani Madiun Putra, Bhayangkara FC, dan Lampung Sakti.

(ads/fem)