sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 01 Feb 2019 18:36 WIB

PSSI Izinkan PS Tira dan Persikabo Merger, asal...

Amalia Dwi Septi - detikSport
Wakil ketua Umum PSSI, Iwan Budianto (Muhammad Aminudin/detikSport) Wakil ketua Umum PSSI, Iwan Budianto (Muhammad Aminudin/detikSport)
Jakarta - PSSI menunggu surat resmi merger PS Tira dengan Persikabo Bogor. PSSI menilai penggabungan keduanya tidak ada masalah asalkan memenuhi regulasi.

PS Tira dan Persikabo akhirnya memutuskan untuk merger dan berganti nama menjadi Tira Persikabo. Mereka berkandang di Stadion Pakansari, Bogor untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Penggabungan tersebut sempat menimbulkan pertanyaan karena keduanya berbeda divisi, PS Tira di Liga 1 dan Persikabo bermain di Liga 3.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, memastikan merger itu sah dilakukan. Setelah melebur, kedua tim klub tersebut betul-betul menjadi satu di Liga Indonesia.


"PSSI, dalam hal ini sebagai regulator, hanya menunggu surat dari kedua belah pihak tersebut. Kalau pemahaman merger itu klubnya, maka itu tidak bisa. Kalau dua klub itu merger, tapi dua-duanya masih berkompetisi, kami tidak bisa," ujar Iwan kepada pewarta di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

"Tapi, kalau pemahaman mergernya itu tentang pengelolaan, PT nya, kemudian terkait sama homebase-nya dan lain sebagainya itu kan wajar-wajar saja, di mana bisa dilakukan. Tapi, kalau klubnya merger tapi dua-duanya bermain, satu bermain di Liga 1 dan satu bermain di Liga 2, tentu itu tidak bisa," Iwan menambahkan.

So, usai merger itu, Persikabo atau PS Tira akan lebur. Artinya, dua klub itu akan menjadi satu. Jika merujuk kasta bermain dua klub, besar kemungkinan Persikabo yang tak akan lagi bermain di Liga 3 musim ini. Jatah di Piala Indonesia pun hilang.

"Ketika mereka merger nanti pasti itu menjadi salah satu konsen yang kami bicarakan dengan mereka, kalau ada surat dari Persikabo dan PS Tira, tentunya ya tidak boleh dong. Kalau sudah menjadi satu dengan PS Tira, tentunya mereka (Persikabo) sudah tidak punya slot lagi di Liga 3," kata Iwan.

"Untuk di Piala Indonesia, kami akan lihat siapa yang di depan, kalau Persikabo-PS Tira mereka tentunya sudah tidak bisa mendapatkan slot di Piala Indonesia. Tapi kalau yang disebut adalah PS Tira-Persikabo dalam hal ini yang memimpin sektornya PS Tira ya tetap kami akomodir, tapi sampai hari ini surat itu belum kami terima," dia menjelaskan.

(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com