DetikSepakbola
Senin 11 Februari 2019, 16:25 WIB

Spanduk Seruan Damai kepada Bobotoh Juga Laris untuk Swafoto

Wisma Putra - detikSport
Spanduk Seruan Damai kepada Bobotoh Juga Laris untuk Swafoto Spanduk bertuliskan dukungan kepada Persib Bandung menajdi objek selfie. (Wisma Putra/detikSport)
Bandung - Sebanyak 116 spanduk dukungan dan ajakan kepada suporter Persib Bandung agar tidak melakukan hal-hal anarkis dipasang di sekeliling pagar Stadion Si Jalak Harupat.

Sepakbola Indonesia berduka kala satu suporter Persija Jakarta, Haringg Sirla, tewas saat Persib menjamu Macan Kemayoran di Liga 1 2018. Agar tak terulang, dikampanyekan aksi perdamaian dan antirasis lewat ratusan spanduk yang ditempel di pagar Stadion Si Jalak Harupat saat menjamu Persiwa Wamena dalam lanjutan Piala Indonesia.

Dalam pantauan detikSport, Senin (11/2/2019), spanduk itu dipasang di pagar stadion yang ada di tribune barat, timur, utara dan selatan. Spanduk itu mencuri banyak perhatian Bobotoh dijadikan sebagai titik untuk berswafoto.


Kalimat yang ada di spanduk itu di antaranya, 'Stop Anarkis | Stop Chant Rasis Provokasi Tunjukkan Bahwa Persib | Bobotoh Mendukung Karena Pestasi Bukan Sensasi,'

Ada juga spanduk, 'Tinggalkan Rasis yang Timbulkan Anarkis. Junjung Sportivitas Dukung Kreativitas, ' Ada juga kimat, 'Jika Bonotoh Profesional. Persib Semakin Terkenal. Asa Juara Akan Meningkat. Reputasipun Terangkat. Hidup Persib'.


Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, mengatakan 116 spanduk tersebut hasil sayembara Polres Bandung yang bekerjasama dengan Panpel Persib.

"Ini merupakan lomba untuk membuat kalimat kreatif melalui media sosial. Kami sebarkan ada perlombaan membuat spanduk kreatif, ada 116 orang yang mengikuti," kata Indra di Stadion Si Jalak Harupat.

Menurutnya, 116 spanduk itu, merupakan hasil lomba yang dilakukan sepekan sebelum pertandingan Persib Bandung melawan Persiwa Wamena.

"Kita tempelkan disini, juaranya ada 10 mereka akan menerima hadiah. Kata-katanya yang buat mereka, namanya ada dipojok kanan bawah," kata dia.

Ia menambahkan, 10 orang yang mengikuti lomba itu diganjar dengan hadiah berupa sepeda dan uang tunai.

"Antusiasmenya cukup tinggi. Mereka baik, mereka santun dilihat dari animo yang mengikuti lomba ini," ujarnya.

"Ini tujuannya baik, kalimat ini baik, supporter juga akan ikut baik. Juara 1, 2 dan 3 mendapat sepeda dan Juara 4-10 dapat uang tunai Ro 300 ribu," dia menambahkan.

Salah satu suporter Persib asal Banjaran, Gilang, mengatakan kalimat-kalimat yang ada di spanduk itu sangat positif.

"Dengan ada spanduk ini, Bobotoh semakin dewasa dan jangan sampai terpecah belah. Persib Juara dan Bobotohnya santun," ujarnya.

Ia berharap, jangan sampai ada kejadian Harlingga Sirla dalam kejadian ini.

"Jangan sampai ada kejadian itu lagi, karena bisa menghancurkan Persib sendiri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab," ujar dia.


(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed