DetikSepakbola
Kamis 14 Februari 2019, 14:37 WIB

Kapten Timnas U-22 Andy Setyo: Diharapkan Jadi Polisi, Kini Anggota TNI

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kapten Timnas U-22 Andy Setyo: Diharapkan Jadi Polisi, Kini Anggota TNI Andy Setyo langganan Timnas sejak belia. (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Andy Setyo Nugroho dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia ke Piala AFF U-22 di Kamboja. Dia anggota TNI.

Andy, 21 tahun, semringah saat mengakhiri latihan Timnas U-22 di hari terakhir, di lapangan ABC, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Kamis (14/2). Kendati bajunya basah karena keringat, dia relaks saat dicegat pewarta.

"Ini amanah ya. Mau tidak mau harus dijalani, sesuai apa yang pelatih minta," kata Andy.

Amanah itu merupakan kepercayaan dari pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, kepada Andy. Pemuda asal pati, Jawa Tengah itu dipercaya menjadi kapten Timnas U-22.

Kepercayaan itu bukan mendadak didapatkan Andy. Dia sudah pemanasan lebih dulu di tiga uji coba Timnas Indonesia U-22 dengan tim lokal.

Setelah itu, dia dipilih lewat voting. Andy, yang terdaftar sebagai pemain PS Tira Persikabo, terpilih. Dia mengalahkan dua kandidat lain.


Langganan Timnas Usia Muda

Tampil bersama Timnas Indonesia bukan pengalaman Andy. Dia langganan masuk skuat Timnas.

Salah satunya, di Timnas Indonesia U-19 yang dilatih Fakhri Husaini pada 2015 dan di era Eduard Tjong di Piala AFF 2016. Penampilannya yang cukup bagus di jantung pertahanan membuat namanya mulai diperhitungkan.

[Gambas:Instagram]

Bahkan, Andy membuka jalan bergabung dengan Timnas besutan Luis Milla ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2017 yang digelar di Thailand. Dalam seleksi itu, Andy harus bersaing dengan bek tengah yang lebih senior, seperti Hansamu Yama, Bagas Adi, Ricky Fajrin dan juga Ryuji Utomo.

Meski kerap menjadi pemain cadangan, Milla kembali memanggilnya untuk memperkuat Timnas U-23 berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia. Bek PS Tira Persikabo tersebut masuk dalam 21 pemain yang dipanggil.

Pemain kelahiran Pati Jawa Tengah itu pun mulai naik kelas setelah mendapatkan kepercayaan lagi oleh Luis Milla untuk persiapan di Asian Games 2018.


Bakat Bermain Sepakbola Menonjol Sejak Kecil

Kemampuan Andy Setyo bermain sepakbola sudah dirasakannya sejak kecil. Dia mulai menekuninya setelah masuk SSB di kampung halamannya.

Keseriusannya mengolah si kulit bundar semakin besar setelah dia duduk di bangku SMA. Dia kerap mengikuti turnamen sepakbola baik antar sekolah dan antar provinsi.

"Memang dari kecil suka sepakbola. Awalnya masuk SSB, terus di sekolah masuk kelas olahraga. Dari situ, saya belajar serius bermain sepakbola," ujar Andy.

[Gambas:Instagram]

Pelan tapi pasti, Andy meretas jalan ke karier profesional bersama PS TNI, yang kini berubah nama menjadi PS Tira Persikabo. Impian orang tuanya yang ingin melihat Andy menjadi tentara akhirnya menjadi kenyataan.

"Jadi waktu itu setelah Piala AFF U-19 di Vietnam era Eduard Tjong langsung ditarik PS TNI U-21 dan ditawari menjadi anggotan TNI akhirnya hingga saat ini menjadi anggota TNI," katanya.

"Ayah saya ingin saya jadi polisi atau tentara. Tapi, gagal di Kepolisian dan akhirnya saya saat ini bisa menjadi anggota TNI," kata dia.

Biodata Andy Setyo Nugroho

Tanggal Lahir: 16-09-1997
Tempat Lahir: Pati, Jawa Tengah
Klub: PS Tira Persikabo
Posisi: Pemain Belakang


(ads/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed