sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 14:18 WIB

Siapkah Stadion Maguwoharjo Jadi Venue Piala Presiden?

Ristu Hanafi - detikSport
Ilustrasi: Stadion Maguwoharjo saat digunakan latihan oleh pemain Timnas islandia. (Okdwitya Karina Sari/detikSport) Ilustrasi: Stadion Maguwoharjo saat digunakan latihan oleh pemain Timnas islandia. (Okdwitya Karina Sari/detikSport)
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Jakarta - Kabupaten Sleman dikabarkan bakal ditunjuk menjadi salah satu venue gelaran pramusim Piala Presiden 2019. Bagaimana kesiapan Stadion Maguwoharjo?

Stadion Maguwoharjo direnovasi sejak Februari. Tapi, bukan untuk Piala Presiden. Perbaikan sana-sini dilakukan sebagai persiapan kandang PSS Sleman di Liga 1 2019.

Dalam prosesnya, muncul kabar, stadion itu digunakan untuk menggelar Piala Presiden 2019 2 Maret hingga 12 April. Turnamen sepakbola pramusim yang tahun lalu dimenangkan oleh Persija jakarta itu rencananya dihelat di lima kota, Bekasi, Bandung, Sleman, Magelang, dan Malang.

"Saya belum dapat kabar, kami belum diajak berkomunikasi resmi oleh PSSI maupun manajemen PSS," kata Kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumadi, saat dihubungi wartawan, Jumat (15/2/2019).

"Perbaikan sebetulnya dari bulan Februari dan target selesai April, melaksanakan perbaikan rumput. Hari ini pemupukan, kemarin rumput dipotong sampai habis, sekarang sudah 75 persen," dia menjelaskan.


Kendati ditarget rampung April, namun Sumadi memastikan pada tanggal 20 Februari, Stadion Maguwoharjo sudah bisa digunakan untuk leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia yang mempertemukan PSS melawan Borneo FC. PSS melawat lebih dulu ke kandang Borneo di Stadion Segiri.

"20 Februari bisa dipakai, lapangannya bisa, meski rumputnya belum maksimal," dia menjelaskan.

Selain rumput lapangan, perbaikan lainnya juga dilakukan dengan mengacu pada hasil verifikasi PSSI. Termasuk, kelengkapan fasilitas pendukung.


"Penambahan fasilitas, yang paling pokok adalah ruang kesehatan dilengkapi kamar mandi, ruang wasit dipisah dengan ruang pengawas pertandingan. Dan single seat, biaya total tribun biru sekitar Rp 7 miliar, seperberapa masuk APBD murni, nanti ditambah di anggaran perubahan. Kalau VVIP anggaran dari kami tahun ini, sekitar 50 seat," dia memaparkan.

Kembali ke rencana penunjukan Stadion Maguwoharjo sebagai tuan rumah Piala Presiden 2019, Sumadi menyebut untuk lapangan bisa digunakan.

"Sebetulnya, perbaikan kami target maksimal secara menyeluruh terutama rumput bulan April, misalnya nanti Maret jadi dipakai Piala Presiden, kemungkinan siap lapangannya," dia menambahkan.

Piala Presiden disebut akan diikuti 20 tim. Yakni, 18 tim yang akan bermain di Liga 1 2019 dan dua slot diberikan kepada Persitara Tangerang dan Mitra Kukar.

(fem/fem)
FOKUS BERITA Piala Presiden 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed