sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 25 Feb 2019 14:20 WIB

Jangan Lukai Hati Marinus

Randy Prasatya - detikSport
Marinus Wanewar sedang berproses menjadi lebih baik. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom) Marinus Wanewar sedang berproses menjadi lebih baik. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Marinus Wanewar sedang berproses menjadi pemain yang tidak tempramental. Butuh sentuhan hati dan ketulusan untuk membuat Marinus jadi lebih baik.

Marinus sempat bikin kontroversi saat memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017 melawan Kamboja. Dia disebut-sebut memegang kemaluan di depan bench Kamboja. Aksi itu memicu keributan di akhir laga.

Setelah kejadian tersebut, nama Marinus menghilang dari skuat Timnas Indonesia untuk event-event lainnya. Dia kembali lagi masuk Skuat Garuda untuk Piala AFF U-22.

Marinus menjadi sorotan di turnamen ini setelah pemain Kamboja tak ada yang mau bersalaman dengannya. Bukannya marah, pria asal Papua itu malah terus menjulurkan tangannya dan kemudian tertawa.


Marinus kembali disorot atas beberapa aksinya melawan Vietnam di semifinal. Pria yang baru genap berusia 22 tahun pada 24 Februari itu mengusir pemain lawan saat coba protes ke pemain Indonesia.

Selepas pertandingan, media Vietnam menuduh Marinus melakukan pencurian umur. Dasar dari berita tersebut lantaran wajahnya terlihat sangat tua.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, sudah membantah berita tersebut. Dia berharap tak ada lagi berita yang negatif ke arah Marinus. Sebab, striker Indonesia tersebut sedang berproses menjadi pemain yang lebih baik.


"Marinus yang dulu dan sekarang sudah tidak sama. Dia juga sudah satu tahun bersama saya di Bhayangkara FC dan menata hatinya. Sekarang luar biasa perubahannya. Contoh kemarin, waktu lawan Kamboja dikatain monyet tidak terpancing, malah cuma tertawa," kata Sumardji kepada detikSport.

"Membentuk karakter Marinus menjadi lebih baik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh sentuhan hati dan harus tulus. Maka dari itu, ayo sama-sama bantu Marinus menjadi lebih baik," tegasnya.

Marinus saat ini tercatat sedang memimpin daftar top skor Piala AFF U-22. Dia sudah melesakkan tiga gol, sama seperti Tran Danh Trung dari Vietnam.


(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed