sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 27 Feb 2019 13:44 WIB

5 Hal Tentang Marinus Wanewar, Bintang Indonesia di Piala AFF U-22

Yanu Arifin - detikSport
Aksi Marinus Wanewar (tengah) di Piala AFF U-22 2019. Penyerang Timnas Indonesia U-22 itu mencetak 3 gol sepanjang turnamen. (Foto: Nyoman Budhiana/ANTARA FOTO) Aksi Marinus Wanewar (tengah) di Piala AFF U-22 2019. Penyerang Timnas Indonesia U-22 itu mencetak 3 gol sepanjang turnamen. (Foto: Nyoman Budhiana/ANTARA FOTO)
Jakarta - Marinus Wanewar menjadi bintang Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019. Pemain yang mengantar Garuda Muda juara itu rupanya punya sederet fakta menarik.

Marinus baru mengantar Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Tak sekadar bermain, Marinus juga tampil oke sepanjang turnamen dengan mencetak tiga gol.




Ada beberapa fakta menarik soal Marinus. Di antaranya ia sempat dituduh mencuri umur karena perawakannya, dan sempat menjual playstation milik temannya demi membantu karier sepakbolanya.

Seperti apa faktanya, berikut sederet fakta pemain yang bernama lengkap Marinus Maryanto Wanewar itu sebagaimana dirangkum detikSport.




1. Talenta Papua

Marinus melanjutkan tren Papua dalam menghasilkan pemain bertalenta. Ya, Marinus adalah Mutiara dari Timur Indonesia, menjadi regenerasi penerus Boaz Solossa, Titus Bonai, dan Patrich Wanggai.

Dengan usianya yang masih muda, pemain kelahiran Sarmi, Papua itu, akan menjadi salah satu senjata mematikan skuat Garuda di masa mendatang. Menarik ditunggu kiprahnya.


2. Dituding Curi Umur

Marinus berperawakan tinggi besar, tidak seperti kebanyakan rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-22. Alhasil, ia sempat dituding mencuri umur alias sudah berusia lebih dari 22 tahun.

Media Vietnam, 24.com.vn, sempat ramai diberitakan menuding Marinus lebih tua dari identitas aslinya. Padahal, Marinus lahir pada 24 Februari 1997 atau baru tepat berusia 22 tahun pada hari Minggu lalu.

"Ya mungkin saja dia baru tahu saya ikut Timnas U-22 atau mungkin saja dia pelatih (Vietnam) baru," kata Marinus, saat menanggapi tudingan mencuri umur, dalam pesan singkatnya kepada detikSport, Senin (25/2/2019).





3. Anak Mama

Satu hal yang turut membuktikan Marinus masih belia adalah sikapnya kepada sang mama. Kepada detikSport beberapa waktu lalu, pemain Bhayangkara FC itu mengaku sangat dekat mamanya.

Marinus mengaku lebih dekat kepada ibunya, Regina Cawem, ketimbang ayahnya Peter Wanewar. "Saya lebih dekat kepada beliau (mama), saya sering curhat," ungkapnya, yang juga sangat menghormati ayahnya yang dianggap sosok tegas dan disiplin.


4. Jual PlayStation demi Sepakbola

Ada kisah menarik Marinus saat merintis karier sepakbolanya. Ia sempat menjual konsol permainan PlayStation milik temannya untuk biaya ongkos mengikuti seleksi Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Jayapura.

Suatu ketika, Marinus ingin mengikuti seleksi namun terbentur biaya. Orang tuanya pun sedang tak ada uang. Tekad kadung sudah bulat, Marinus pun terpaksa menjual play station rekannya yang dipinjam agar dapat uang.

"Kami jual Rp 300 ribu. Biaya itu yang menjadi ongkos kami naik bus (dari Sarmi ke Jayapura). Karena satu orang ongkosnya Rp 150 ribu, jadi, kami bagi dua. Kalau sepatu kami sudah ada, sementara jersey kan disiapkan dari sananya," ungkapnya kepada detikSport.

Tak sia-sia, berkat aksi nekatnya menjual PlayStation rekannya, Marinus bisa ikut seleksi dan kini menjadi pesepakbola profesional. Kariernya kian melejit setelah membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-22.
5. Main PUBG dan Rencana Menikah

Layaknya anak muda saat ini, Marinus juga keranjingan main game. Jebolan Persipura Jayapura itu juga ikutan demam game PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds).

"Saya kalau bosan suka main PUBG dengan Todd (Rivaldo Ferre, rekan sesama Papua di Timnas Indonesia U-22)," kata Marinus kepada detikSport.

Tak cuma itu, Marinus juga mengungkapkan rencananya menikah tahun ini. Ya, Marinus sudah punya kekasih bernama Lili Betaubun, pujaan hatinya sejak duduk di Sekolah Menengah Atas.

"Saya mau menikah tahun ini. Saya sudah pacaran lama dengan dia (Lili Betaubun). Sejak masih duduk di kelas Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata Marinus. (yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed