sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 13:51 WIB

Andai ke Semifinal Piala Presiden, Persija Tak Bisa Ubah Jadwal tapi...

Amalia Dwi Septi - detikSport
Persija Jakarta saat tampil di Piala AFC 2019. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Persija Jakarta saat tampil di Piala AFC 2019. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Persija Jakarta mendapatkan dispensasi jika melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2019. Itu agar Macan Kemayoran juga maksimal di Piala AFC 2019.

Persija dijadwalkan berjumpa Kalteng Putra berdasarkan undian babak delapan besar Piala Presiden 2019. Tim besutan Ivan Kolev itu menjamu Kalteng Putra di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 28 Maret.

Sebagai juara bertahan, Persija dijagokan untuk memenangi laga itu. Nah, jika lolos ke semifinal, Persija ditunggu jadwal padat.

Babak semifinal Piala Presiden dihelat 2-5 April dengan sistem kandang dan tandang. Padahal, Ismed Softan dkk juga harus menghadapi tim Filipina, Cerea Negros, pada 3 April pada fase grup Piala AFC.

Apes bagi Persija, regulasi Piala Presiden 2019 melarang tim peserta untuk menambah atau mengganti pemain yang sudah didaftarkan. Jadwal juga tak bisa maju mundur.


Dalam prosesnya, PSSI mengambil langkah untuk memberikan dispensasi kepada Persija. Macan Kemayoran diperbolehkan menggunakan pemain Persija U-19 di Piala Presiden itu.

Administrators Organizing Commitee (OC), Ratu Tisha Destria, memastikannya. Persija diperbolehkan menurunkan 11 pemain U-19.

"Sesuai dengan kesepakatan manager meeting awal dan regulasi, tidak ada penambahan pemain baru dan pergantian karena ini kaitannya dengan izin. Namun demikian, ada satu kasus, apabila Persija lolos ke semifinal, mereka hanya menyisakan tujuh pemain, karena jadwal bertepatan Piala AFC," ujar Tisha.

"Dan ini sudah diketahui sebelumnya. Dan berdasarkan kesepakatan yang sudah diketahui sebelumnya, apabila kekurangan pemain, maka dari internal Persija akan mengambil pemain U-19 di bawahnya. Jadi tidak ada penambahan pemain, Persija akan mengambil pemain internal mereka apabila lolos ke semifinal," dia menjelaskan.

"Menambah maksimal 11 pemain dari internal sendiri. Jadi, Persija maksimal mengambil 11 pemain dari juniornya U-19. Jadi, total 18 pemain. Karena mereka hanya menyisakan tujuh pemain hanya di leg pertama. Di leg kedua, sudah kembali. Leg kedua memainkan pemain senior yang mendapatkan pengesahan sebelumnya," dia menambahkan.

(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com