sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 18:26 WIB

Perkiraan Formasi Timnas U-23 dengan Egy dan Saddil

Lucas Aditya - detikSport
Saddil Ramdani dan Timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri. (Foto: Ari Saputra/detikcom) Saddil Ramdani dan Timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani masuk Timnas Indonesia U-23. Dengan bergabungnya 'anak emas' Indra Sjafri itu, bakal seperti apa formasinya?

Indonesia menatap Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, pada 22-26 Maret. Sebagian besar skuat saat juara Piala AFF 2019 bulan dipertahankan, ditambah dua pemain yang menjadi pemain kunci Indra Sjafri, Egy dan Saddil.

Skuat final masih baru akan diumumkan pada enam jam menjelang pertandingan pertama Kualifikasi Piala Asia 2020. Kendala administrasi yang dialami oleh Ezra Walian menjadi penyebab utamanya.

Thailand akan menjadi lawan Indonesia pertama di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dalam pertandingan di My Dinh Stadium, Jumat (22/3/2019). Setelah itu, Vietnam dan Brunei Darussalam sudah menunggu.

Dengan kedatangan Egy dan Saddil, jelas akan ada yang tersingkir dari skuat juara Piala AFF 2019. Selama menangani Timnas U-19, Indra menerapkan skema 4-3-3 saat Egy masuk starting XI.

Marinus Maryanto Wanewar sepertinya yang akan mengisi pos striker tengah. Saddil bisa beroperasi di pos sayap kanan, sementara Witan Sualeman menempati pos sayap kiri.




Pada pos pos sayap ini, Timnas U-23 boleh dibilang mempunyai pilihan yang cukup gemuk. Indra Sjafri masih mempunyai Osvlado Haay dan Sani Rizki Fauzi sebagai alternatif pilihan.

Sementara itu, di barisan pemain tengah, Egy bisa diplot bermain sebagai attacking midfielder di belakang striker. Salah satu pos gelandang jelas menjadi milik Muhamad Luthfi Kamal. Gian Zola, yang tampil bagus selama Piala AFF U-22 2019 kemungkinan besar akan menjadi tandemnya.

Di sektor kuartet lini belakang, Firza Andika dan Asnawi Mangkualam Bahar nyaris tak tergantikan. Sementara, di jantung pertahanan, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, dan Nurhidayat Haji Haris, kemungkinan yang akan menjadi kandidat.

Persaingan bek tengah juga bisa memusingkan Indra Sjafri. Beruntung bagi Indra, Andy Setyo, Bagas Adi, dan Nurhidayat mempunyai kualitas yang hampir sama.

Berkaca pada Piala AFF U-22 lalu, Awan Setho Raharjo dipredksi menjadi pilihan di bawah mistar gawang. Dia tak tergantikan dalam lima laga ajang yang berlangsung di Kamboja.




Perkiraan Formasi Timnas U-23

Kiper: Awan Setho Raharjo
Bek: Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika
Tengah: Muhamad Luthfi, Gian Zola, Egy Maulana
Depan: Witan Sulaeman, Marinus Maryanto Wanewar, Saddil Ramdani


(cas/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com