sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 14:20 WIB

Syauqi Jadi Caketum Tunggal, PSSI Pastikan KLB DIY Sah

Ristu Hanafi - detikSport
Yoyok Sukawi pastikan KLB Asprov PSSI DIY sah. (Angling Adhitya Purbaya/detikSport) Yoyok Sukawi pastikan KLB Asprov PSSI DIY sah. (Angling Adhitya Purbaya/detikSport)
Yogyakarta - Kendati cuma ada satu calon ketua umum, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, memastikan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sah sesuai aturan. Kok bisa?

KLB Asprov PSSI DIY dihelat di Monumen PSSI, Kompleks Wisma Soeratin, Yogyakarta, Minggu (24/3/2019). Pada agenda pemilihan ketua umum hanya muncul satu calon, Syauqi Suratno. Dia tak ada lawan.

"KLB bukan sesuatu yang tabu, KLB adalah bagian dari organisasi, ada kongres tahunan, ada KLB," kata Yoyok, seusai membuka KLB Asprov PSSI DIY, di Monumen PSSI kompleks Wisma Soeratin Yogyakarta, Minggu (24/3/2019).

"Kongres DIY ini karena memang diminta oleh anggota, itu ada mekanismenya. Anggota banyak yang meminta penyelenggaraan KLB dengan beragam alasan, karena sudah memenuhi syarat maka kita laksanakan KLB," jelas Yoyok.


Syarat yang dimaksud adalah pelaksanaan KLB telah memenuhi dua statuta. Yakni, statuta PSSI dan statuta Asprov PSSI DIY.

"Sudah sesuai dengan dua statuta, Pasal 30 ayat 2 statuta PSSI dan Pasal 26 ayat 2 statuta Asprov PSSI," lanjutnya.

Yoyok pun menyinggung hanya ada satu caketum di KLB ini.

"Kalau pencalonan ranah komite pemilihan, kalau kita dari PSSI pusat, sudah kita buka tadi dan kita serahkan ke komite pemilihan. Kalau calon satu bagaimana, kalau calon banyak bagaimana, PSSI tidak mengintervensi, kita sesuai aturan dan mekanisme," ujar dia.

Yoyok juga menegaskan izin pelaksanaan KLB ini resmi dari PSSI.

"Semua ada mekanisme, ketum (PSSI), waketum, kalau berhalangan bisa diwakilkan. Dari PSSI cukup diwakili eksekutif komite masih sah, nggak ada masalah," dia menambahkan.


KLB itu dilaksanakan PSSI membekukan kepengurusan Asprov PSSI DIY berdasarkan surat nomor 2832/PGD/286/VI-2018 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha pada bulan Juni 2018. Buntut dari pembekuan itu, muncul permohonan oleh 13 dari total 18 pemilik suara Asprov PSSI DIY agar menggelar KLB. Menamakan diri forum G-13, mereka menilai roda organisasi Asprov PSSI DIY periode 2017-2021 tidak berjalan dengan baik dan meminta segera melaksanakan KLB. (fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed