Timnas U-23 Gagal ke Piala Asia, Indra Sjafri Tak Buru-buru Dipecat

Amalia Dwi Septi - Sepakbola
Selasa, 26 Mar 2019 15:11 WIB
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Piala Asia 2020. (R. Rekotomo/Antara)
Jakarta - PSSI segera melakukan evaluasi setelah kegagalan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2020. Tapi, bukan untuk mengganti pelatih.

PSSI mematok target agar Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-23. Skuat Garuda Muda dipastikan tak lolos ke Thailand kendati masih menyisakan satu laga, melawan Brunei Darussalam petang nanti. Skuat Garuda dua kali kalah dari Thailand 0-4 dan Vietnam 0-1 sehingga tak memungkinkan mengejar poin dua negara itu, y ang sama-sama mengantongi dua kemenangan.

Kegagalan itu kian menyesakkan karena hanya berjarak sekitar satu bulan setelah Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 2019. Agar hasil buruk tak terulng di SEA Games 2019 Filipina, PSSI pun segera mengevaluasi penampilan Timnas melalui sang pelatih, Indra Sjafri.


"Ini jadi bahan evaluasi pelatih Indra Sjafri ke depan. Dia kan mau menyiapkan tim lagi buat SEA Games. Jadi, harus segera diperbaiki. Kami tidak tahu masalah sebenarnya apa, apakah masalah mental atau mungkin masalah teknis. Yang jelas, kami terkejut melihat penampilan Timnas kemarin," ujar anggota Komite Eksekutif PSSI Yoyok Sukawi kepada detikSport, Selasa (26/3/2019).

"Nanti Exco melalui Komite Pengembangan yang akan memanggil coach Indra untuk kemudian evaluasi," dia menambahkan.

Tahun ini, Indra memang ditugaskan untuk menangani Timnas dalam tiga ajang berbeda, yakni Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2019, yang juga diperkuat pemain di bawah usia 23 tahun. PSSI berharap Timnas U-23 bisa tampil lebih baik di ajang terakhir yang digelar pada Desember 2019.

"Kalau kami bicara evaluasi, pergantian pelatih terlalu dini. Jadi saya rasa lebih baik kami fokus mendengarkan coach Indra Sjafri, ini kenapa tim seperti ini, itu yang utama. Coach Indra mungkin tahu masalahnya bisa juga. Kami perbaiki lagi," kata Yoyok.

(ads/fem)