sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 26 Mar 2019 19:10 WIB

Indonesia Susah Payah Kalahkan Brunei

Lucas Aditya - detikSport
Witan Sulaeman saat Indonesia susah payah menaklukkan Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Foto: R. Rekotomo/aww/Antara Foto)
Hanoi - Timnas Indonesia harus jatuh-bangun untuk menaklukkan Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Garuda Muda menang 2-1.

Dalam pertandingan di My Dinh Stadium, Selasa (26/3/2019), Indonesia cuma unggul satu gol di babak pertama. Sedikitnya ada empat percobaan yang dilepaskan oleh tim asuhan Indra Sjafri.

Percobaan Gian Zola pada menit keempat masih melesat. Tendangan Bagas Adi Nugroho delapan menit kemudian juga belum membuahkan hasil.

Gol pertama Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2020 baru hadir pada menit ke-31. Dimas Drajad pencetak

Pada menit ke-31, tim asuhan Indra Sjafri itu bisa memecah kebuntuan. Umpan dari Witan Sulaeman yang menjadi awalnya. Dimas Drajad menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Dimas Drajad mengancam pada menit ke-51. Berawal dari sebuah kemelut, tendangan terarahnya masih bisa ditangkap kiper Brunei Haime Anak Nyaring.




Indonesia belum bisa menambah gol hingga pertandingan berlangsung satu jam. Pergantian dilakukan oleh Indra Sjafri, Gian Zola keluar untuk memberi jalan pada Egy Maulana Vikri.

Percobaan Nurhidayat meneruskan tendangan sudut pada menit ke-72 masih belum tepat sasaran. Menyamping jauh.

Lima menit berselang, Witan Sulaeman kembali membuang peluang. Bola sodoran Saddil dikirim melesat ke atas gawang.

Muhamad Rafi Syarahil menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-78. Tendangan jarak jauh pemain nomor punggung enam itu masuk ke gawang Brunei.

Brunei mendapatkan penalti pada menit ke-82. Muhamad Riyandi melanggar MD Azreen Eskander, hingga wasit menunjuk titik putih. Riyandi mendapat kartu kuning.

Riyandi bisa menepis tendangan Muhammad Nur Asyraffahmi, tapi dinilai wasit bergerak sebelum eksekusi dilakukan. Kiper nomor 1 itu mendapat kartu kuning kedua.




Azim Izamuddin Suhaimi bisa menunaikan tugas dengan sempurna saat penalti diulang, Brunie mengecilkan ketertinggalan menjadi 2-1. Dimas Drajad yang menjadi kiper di waktu tersisa.

Indonesia mendapat hukuman penalti lagi pada masa injury time. Egy melakukan pelanggaran di kotak penalti. Beruntung, Dimas Drajad bisa menahan penalti pemain Brunei. Di sisa pertandingan Indonesia bisa menahan Brunei, skor 2-1 tetap bertahan.

Bagi Indra Sjafri, ini merupakan catatan kebobolan pertama saat berhadapan dengan Brunei saat menangani Timnas.

Indonesia menyudahi kualifikasi Piala Asia U-23 di posisi ketiga Grup K dengan raihan tiga poin. Sementara Brunei ada di posisi terbawah.

Susunan Pemain:

Indonesia: 1 Muhamad Riyandi, 16 Samuel Christianson (Andy Setyo), 5 Bagas Adi Nugroho, 4 Nurhidayat Haji Haris, 17 Fredyan Wahyu Sugiantoro, 6 Muhamad Rafi Syarahil, 18 Gian Zola (Egy Maulana Vikri 60), 19 Hanif Syabandi (Osvaldo Haay 72), 8 Witan Sulaeman, 15 Saddil Ramdani, 9 Dimas Drajad

Brunei: 19 Haime Anak Nyaring, 3 Syakir Bin HJ Basri, 6 Muhammad Wafi Aminuddin, 13 MD Haziq Kasyful, 14 MD MArtin Haddy, 22 Muhammad Hanif Hamir, 7 Muhammad Nur Asyraffahmi, 15 Rahimin Abdul Ghani, 8 Nazirrudin Haji Ismail, 9 Muhammad Hanif Farhan, 17 Mohammad Amin Sisa


(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com