sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 12 Apr 2019 21:38 WIB

Pelatih Persib Imbau Liga 1 Gunakan VAR

Mukhlis Dinillah - detikSport
Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic (Mukhlis Dinilah/detikSport) Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic (Mukhlis Dinilah/detikSport)
Bandung - Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, mendorong penggunaan sistem Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. Dia berharap keputusan wasit di lapangan bisa lebih akurat.

Radovic berkaca perkembangan sepak bola Eropa yang tak luput dari kekeliruan wasit di lapangan hijau. Tapi, dengan kehadiran teknologi VAR, kekeliruan yang biasanya terjadi bisa dimimalkan.

"Saya berharap VAR (Liga 1), kamu lihat selalu game di Eropa di manapun, semua ada problem. Tapi, setelah ada VAR, kita bisa main normal," kata Radovic usai latihan di Lapangan Sabuga, Kota Bandung, Jumat (12/4/2019).


Keinginan menggunakan teknologi VAR itu bukan semata-mata untuk kepentingan klub-klub Liga 1, namun untuk masa depan sepak bola Indonesia agar lebih maju dan profesional.

"Itu adalah opini pribadi saya untuk sepakbola Indonesia menjadi lebih baik," ujar pelatih 43 tahun ini.

Meski begitu, ia tidak masalah bila musim ini teknologi VAR belum bisa diterapkan di Liga 1 yang rencananya dimulai 8 Mei 2019.

"Saya berharap ada VAR, tapi kalau tidak ada ya tidak masalah," ujar Radovic.

Penggunaan teknologi VAR memang baru secara intens diterapkan kompetisi benua biru. Di Indonesia sendiri, beberapa waktu lalu digunakan kompetisi amatir Bandung Premier League (BPL), meski hanya pertandingan tertentu.

(mud/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com