sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 12 Apr 2019 22:12 WIB

Kalahkan Persebaya, Arema Angkat Trofi Piala Presiden di Kanjuruhan

Deni Prastyo - detikSport
Arema FC saat mengalahkan Persebaya Surabaya di final Piala Presiden 2019. (Foto: Ari Bowo Sucipto/ama/Antara Foto) Arema FC saat mengalahkan Persebaya Surabaya di final Piala Presiden 2019. (Foto: Ari Bowo Sucipto/ama/Antara Foto)
Jakarta - Arema FC mengalahkan Persebaya Surabaya 2-0 di leg II final Piala Presiden 2019. Singo Edan pun mengangkat trofi dengan agregrat 4-2 atas Bajul Ijo.

Dalam pertandingan leg II final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (12/4/2019), gol kemenangan Arema dibukukan oleh Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-43.

Arema menggandakan keunggulan pada masa injury time. Ricky Kayame yang mencetak gol, memanfaatkan blunder kiper Persebaya, Abdul Rohim.

Dengan kemenangan ini, Arema memastikan gelar kedua di Piala Presiden. Sebelumnya, tim kebanggaan publik Malang itu menjadi juara pada 2017.

Jalannya Pertandingan




Arema dan Persebaya langsung menunjukkan pertandingan seru di awal babak pertama. Ada jual-beli serangan dan beberapa peluang emas.

Persebaya nyaris unggul cepat. Tendangan pemain Bajul Ijo, Manuchekhr Dzhalilov, pada menit kedua membentur mistar.

Arema bisa unggul menjelang turun minum, tepatnya pada menit ke-42. Tendangan dari Nur Hardianto yang menjebol gawang Persebaya.

Pada babak pertama, jumlah peluang berimbang. Arema sedikitnya enam kali melepaskan percobaan, sebanyak dua di antaranya mencapai sasaran. Sementara itu, Persebaya tujuh kali melakukan percobaan, enam menemui bidang.

Arema mendapat peluang emas pada menit ke-52! Konate melewati Otavio Dutra, tendangan terakhirnya masih melenceng di kiri gawang tim asuhan Djajang Nurjaman.

Persebaya melakukan pergantian ganda pada menit ke-60. Osvaldo Haay dan Rendi Irwan masuk, Irfan Jaya dan Bau Rizal out. Belum memberikan tekanan berbahaya dari Persebaya hingga babak kedua berjalan 20 menit. Arema juga bermain sabar.

Amildo Balde mendapat kartu kuning pada menit ke-80. Dia melakukan ayunan lengan saat berduel dengan Arthur Chunha, pelanggaran untuk Arema.

Serangan balik Arema pada menit ke-84 masih belum membuahkan hasil. Umpan silang Konate gagal dikuasai dengan sempurna oleh Arthur Cunha.




Arema mencetak gol pada masa injury time. Kiper Persebaya, Abdul Rohim, melakukan blunder saat mengantisipasi umpan silang, disambar Kayame.

Di sisa pertandingan tak ada gol lagi, Arema menang 2-0.

Susunan Pemain

Arema: Kurniawan Kartika Ajie, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Alfin Tuasalamony, Johan Alfarizi, Hanif Sjahbandi (Rifaldi 76), Makan Konate, Hendro Siswanto, Ricky Kayame (Muhammad Rafli 90), Ahmad Nur Hardianto (Jayus Hariono 57), Dedik Setiawan

Persebaya: Abdul Rohim, Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Novan Setya Sasongko, Ruben Sanadi, Misbakus Solihin, Damian Lizio, Abu Rizal (Rendi Irwan 60), Irfan Jaya (Osvaldo Haay 60), Manuchekhr Dzhalilov, Amildo Balde




(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com