One on One

RD dan Kenangan Sepakbola Masa Kecilnya

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 08 Mei 2019 14:15 WIB
Rahmad Darmawan, pelatih PS TIRA Persikabo. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bogor - Rahmad Darmawan memulai perjalanan karier sepakbolanya dari level yang sangat bawah. Bermain sejak kecil hingga kini menjadi pelatih, bagaimana ceritanya?

Pria yang akrab disapa RD itu kini sedang melatih PS TIRA Persikabo. Setelah malang melintang ke berbagai klub di tanah air, RD kembali ke barak TNI untuk melatih klub sepakbola Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu.

RD sendiri dikenal sebagai pelatih top. Dua gelar juara Liga Indonesia adalah capaiannya, yang ia raih bersama Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

RD, yang juga pensiunan TNI AL itu, bercerita bagaimana ia memulai berkenalan dengan sepakbola. Ia mengaku sudah sejak kecil bermain sepakbola di kampung halamannya di Lampung, sampai akhirnya hijrah ke Jakarta sebagai pemain dan kini lanjut menjadi pelatih.


"Saya mulai bermain sepakbola di kampung halaman saya. Dan kenapa saya memilih sepakbola, teman sebaya saya dulu lebih banyak yang bermain sepakbola. Dan dari latihan yang hampir saya lakukan hampir setiap hari, saya mulai sangat tertarik karena di situ saya punya banyak sekali teman sebaya dan bisa berinteraksi," kata RD kepada detikSport.

"Saya sangat serius berlatih saat itu. Ketika dulu banyak anak-anak kecil belum latihan ekstra, saya sudah melakukannya. Saya melihatnya di TV, waktu itu melihat tayangan banyak tim-tim besar, kita ikutan belajar individu seperti mereka," ujar dia.

"Akhirnya, di usia 17 tahun saya terpilih mewakili tim PON Lampung. Saya pemain muda, kemudian tim scouting PSSI melihat saya, menarik saya ke jakarta, hijrah di Jakarta, meneruskan kuliah dan sampai dengan hari ini saya masih terus berkontribusi di sepakbola sebagai pelatih," dia mengenang.
(yna/fem)