sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 15:45 WIB

Liga 1 Baru Kickoff Sudah Rusuh, Menpora Pertanyakan Keseriusan Verifikasi BOPI

Mercy Raya - detikSport
PSS Sleman vs Arema FC diwarnai kericuhan (Andreas Fitri Atmoko/pras/Antara) PSS Sleman vs Arema FC diwarnai kericuhan (Andreas Fitri Atmoko/pras/Antara)
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi meminta Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk lebih jeli memverifikasi sebelum mengeluarkan rekomendasi Liga 1. Sehingga, tak perlu muncul kericuhan di laga kickoff.

Kick off Liga 1 ditandai dengan laga antara PSS Sleman dengan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019). Di pertandingan pembuka musim itu, Liga 1 langsung diwarnai kerusuhan antarsuporter. Bahkan, sampai muncul korban luka-luka.

Sebagai pemberi rekomendasi Liga, BOPI pun disentil Imam. Sebab, Imam telah mengingatkan agar BOPI tak memberikan rekomendasi demi bergulirnya liga sebagai rutinitas semata.


"Saya tidak tahu persis apa kriteria yang dikeluarkan oleh BOPI sehingga mengeluarkan rekomendasi. Saya tidak tahu apa di dalamnya ada klausul yang menyatakan apabila ada bentrok antarsuporter akan dilakukan evaluasi. Saya belum lihat itu," kata Imam ketika ditemui di kediamannya di kompleks Widya Chandra, Senayan, Kebayoran Baru, Kamis (16/5/2019).

"Iya tidak juga (Kemenpora tidak tegas). Karena sepakbola kan juga sudah bagus nih. Satgas Anti Mafia sudah jalan, ya ayo kita sinergi," dia menjelaskan.

"Dalam konteks ini tentu kami memberi mandat kepada BOPI untuk melihat secara profesional. Bagaimana untuk masing-masing klub dan kompetisi," kata dia.

"Tapi, soal ketertiban di lapangan tentu itu ada domain lain yang mestinya harus diselesaikan oleh panpel bersama aparat negara. Kalau terus begini kasihan nanti sedikit-sedikit polisi yang disalahin, padahal polisi menjaga keamanan dan ketertiban," dia menambahkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com