sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 12:26 WIB

PSSI Usulkan VAR di Liga 1, Sanggupkah PT LIB?

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: . Foto: .
FOKUS BERITA Wacana VAR di Liga 1
Jakarta - PSSI mewacanakan penggunaan VAR (Video Assistant Referee) pada Liga 1 2019. Tapi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan sinyal tak sanggup memenuhinya.

Rencana penggunaan VAR itu dimunculkan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Dia menyebut langkah itu ditempuh untuk menjaga kualitas kompetisi musim ini.

Tapi, Direktur Utama Interm PT Liga Indonesia Baru (LIB) sekaligus Anggota Komite Eksekutif PSSI, Dirk Soplanit, menilai penggunaan VAR tak bisa terburu-buru. Sebab, PT LIB harus menyiapkan banyak hal.


"Kami kemarin malam sempat rapat Exco untuk menjajaki kemungkinan penggunaan VAR. Tapi prosesnya memang tidak mudah, yang pertama kualifikasi wasit, infrastruktur di stadion memungkinkan atau tidak. Banyak hal yang harus dibicarakan. Memang perkiraan kami dengan syarat yang ada paling cepat kalau normal kami bisa menerapkan sampai 2021," ujar Dirk.

Sembari memenuhi persyaratan penggunaan VAR tersebut, LIB berusaha mendongkrak kinerja wasit di lapangan.

"Tetapi dengan model seperti begini, bukan VAR tapi ada alat kontrol yang misalnya ada kejadian yang menjurus kontroversi, ya pakai alat rekaman atau apa yang bisa digunakan. Tapi ini masih dibicarakan, paling bertahaplah, soalnya infrastruktur tak murah," dia menambahkan.

Penggunaan VAR mencuat setelah banyaknya kasus kontroversial di sejumlah pertandingan. Kinerja wasit dianggap belum sepenuhnya memuaskan karena kerap melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan.



(ads/fem)
FOKUS BERITA Wacana VAR di Liga 1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com