sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 13:35 WIB

George Toisutta, Jenderal yang Pernah Ramaikan Bursa Ketum PSSI Tutup Usia

Randy Prasatya - detikSport
Foto: George Toisutta (@Nurmantyo_Gatot) Foto: George Toisutta (@Nurmantyo_Gatot)
Jakarta - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta tutup usia. Semasa hidupnya, Toisutta pernah berkiprah di sepakbola.

Toisutta meninggal dunia pagi ini di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019). Dia wafat di usia 66 tahun setelah berjuang melawan kanker usus.

Toisutta merupakan lulusan Akmil tahun 1976. Dia merupakan pernah menjabat Pangkostrad sejak 2007 hingga 2009. Kariernya lalu melonjak dan menjadi KSAD era Presiden SBY tahun 2009-2011.

Setelah itu, Toisutta juga pernah mencoba untuk menantang Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie berebut kursi Ketua Umum PSSI periode 2011-2015. Toisutta tak sendirian, dia didukung oleh Arifin Panigoro selaku pendiri Liga Primer Indonesia (LPI).


Upaya Toisutta untuk maju sebagai calon ketua umum PSSI pada akhirnya gagal. FIFA saat itu memutuskan untuk tidak memperbolehkan seluruh nama para kandidat, termasuk Nurdin, Nirwan, dan Arifin.

Meski namanya tak dapat restu FIFA, Toisutta masih punya cara lain untuk ambil bagian di lingkungan sepakbola nasional. Kelompok 78 yang semula mendukung Toisutta dan Arifin memunculkan sosok Djohar Arifin Husein. Alhasil, Djohar menang dan dinobatkan sebagai Ketum PSSI 2011-2015.

Toisutta sudah dikenal sebagai sosok yang tak jauh-jauh dari dunia sepakbola sebelum mengajukan diri sebagai calon ketum PSSI. Dia pernah menjadi pembina sepakbola di lingkungan TNI Angkatan Darat, yakni PS/SSB Bara Siliwangi. PS Bara Siliwangi merupakan anggota Pengcab PSSI Kota Bandung.


(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com